Sabtu 03 Aug 2019 13:06 WIB

Kemenhub Ikut Pemecahan Rekor Dunia Menyelam di Manado

Dalam waktu kurang dari satu minggu, dua rekor dunia terpecahkan.

Rekor menyelam dunia dipecahkan di pantai Manado.
Foto: Rekor menyelam
Rekor menyelam dunia dipecahkan di pantai Manado.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO - - Rekor dunia menyelam berhasil pecah di Manado. Dalam ajang "Longest Human Chain Underwater" di Pantai Manado kawasan Megamas Manado sejak 1 - 3 Agustus 2019, turut ambil bagian Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Balikpapan dan Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Bitung.

Wakil dari Kemenhub itu mengirimkan anggota penyelamnya bersama-sama penyelam lainnya. Mereka pun  berhasil memecahkan rekor dunia Selam Guinness World Record. 

Kepala Kantor KSOP Kelas I Balikpapan, Capt. Jhonny R Silalahi mengatakan, ia dan jajarannya yang menjadi tim penyelam merasa bangga ikut serta dalam pemecahan rekor tersebut.

photo
Rekor dunia menyelam di Manado (Foto : Humas Ditjen Hubla)

"Kami selaku salah satu perwakilan dari Ditjen Perhubungan Laut ikut berpartisipasi dengan mengirimkan 10 orang penyelam untuk bergabung dengan total 3.000 penyelam lainnya dan bangga menjadi bangsa Indonesia yang berhasil memecahkan rekor dunia penyelam," ujar Jhonny dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Sabtu (3/8).

Sementara Kepala Pangkalan PLP Kelas II Bitung, Andi mengatakan, Pangkalan PLP Kelas II Bitung kembali mengirimkan 12 orang penyelamnya bersama-sama dengan 3. 000 orang penyelam lainnya berhasil memecahkan rekor penyelam "Longest Human Chain Underwater" dan rekor "Pembentangan Bendera Indonesia di Bawah Laut Terpanjang di dunia".

"Dalam waktu kurang dari satu minggu, dua rekor dunia terpecahkan. Hal ini menunjukan kekompakan bangsa Indonesia dan juga menunjukan eksistensi penyelam Indonesia di pergaulan internasional," tutur Andi.

photo
Indonesia memecahkan rekor dunia selam di Manado (Foto: Humas Ditjen Hubla)

Andi mengatakan bahwa persiapan yang dilakukan oleh penyelam dari Pangkalan PLP Bitung terbilang singkat mengingat agenda rutin seperti patroli keselamatan pelayaran yang tidak dapat ditinggalkan.

"Patroli laut terus dilakukan mengingat tupoksi kami sebagai Indonesia Sea and Coast Guard yang tidak dapat ditinggalkan sehingga persiapan dan latihan penyelaman terbilang terbatas. Namun demikian, Alhamdullillah rekor dunia penyelam berhasil terukir atas nama Indonesia. Sangat membanggakan sekali," ujar Andi.

Andi menggambarkan kondisi dan situasi para penyelam berkoordinasi dan bekerjasama ketika berusaha memecahkan rekor dunia tersebut.

"Disini tidak ada lagi ego sektoral, semua instansi melepas atributnya dan bersama-sama masyarakat penyelam lainnya bahu membahu dan saling berkoordinasi satu sama lain memecahkan rekor dunia untuk menunjukan bangsa Indonesia yang kompak, padu dan kuat," ujar Andi.

Pada kesempatan tersebut, Pangkalan PLP juga mengerahkan 1 unit kapal patroli Sea and Coast Guard KNP. 331 yang dinakhodai oleh Markus Hengkeng untuk memonitor kondisi di laut untuk membantu kelancaran acara pemecahan rekor dunia penyelam tersebut.

Andi menyebutkan bahwa pemecahan rekor ini menguatkan posisi Indonesia sebagai negara maritim di kancah pergaulan internasional.

"Inilah Indonesia yang sesungguhnya. Kompak dan kuat. Semoga ke depan akan ada lagi pemecahan rekor dunia yang menorehkan dan mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia," tutup Andi.

Adapun Aksi pemecahan rekor penyelam ini langsung disaksikan oleh Solvej Malouf, Guinness World Records Adjudicator yang mewakili Guinness World Records Official Attempt.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement