Selasa 21 Apr 2020 14:25 WIB

Tujuh Makanan Ringan Tinggi Serat

Serat memiliki manfaat mengelola berat badan dan kesehatan yang paling baik.

Rep: des/ Red: Nora Azizah
Serat memiliki manfaat mengelola berat badan dan kesehatan yang paling baik (Foto: ilustrasi Raspberry sebagai makanan tinggi serat)
Foto: Womanitely
Serat memiliki manfaat mengelola berat badan dan kesehatan yang paling baik (Foto: ilustrasi Raspberry sebagai makanan tinggi serat)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Departemen Pertanian Amerika Serikat merekomendasikan agar wanita mengonsumsi setidaknya 25 gram serat per hari, sementara 38 gram per hari untuk pria. Ahli Diet dari Diet F-Factor, New York City, Zuckerbrot, mengatakan bahwa penelitian menunjukkan hanya sekitar lima persen orang yang memenuhi rekomendasi ini.

"Serat memiliki manfaat mengelola berat badan dan kesehatan yang paling luar biasa karena serat membuat Anda kenyang selama berjam-jam, dan memungkinkan Anda makan karbohidrat dan masih menurunkan berat badan," kata Zuckerbrot seperti dilansir dari laman Good House Keeping, Selasa (21/4).

Baca Juga

Zuckerbrot mengatakan, serat diketahui tidak hanya menambah bobot, tapi juga ukuran tinja. Ia juga menambahkan serat membengkak dalam usus yang mengarah pada peningkatan perasaan kenyang bila dibandingkan dengan karbohidrat olahan.

Bagi anda yang merasa kurang mengonsumsi serat, namun ingin mengonsumsinya melalui jenis makanan ringan, berikut beberapa jenis makanan yang direkomendasikan.

Oat

Oat dan oatmeal memiliki kandungan serat cukup banyak. Kemudian, juga memiliki manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kesehatan jantung, menyeimbangkan gula darah, dan membantu mengatur berat badan. Setidaknya, setengah cangkir gandum kering mengandung empat gram serat makanan.

photo
Sandwich Alpukat (Ilustrasi) - (Pixabay)
Alpukat

Penelitian menunjukkan bahwa makan alpukat secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL. Cobalah setengah buah alpukat untuk 5 gram serat dalam salad tuna.

Raspberry

Semua buah beri dikemas dengan antioksidan polifenol dan vitamin, tetapi raspberry memiliki kandungan serat paling tinggi. Dengan delapan gram serat per cangkir, maka bisa menjadi camilan rendah kalori yang sempurna tetapi padat nutrisi.

Biji chia

Baik biji chia maupun biji rami merupakan sumber serat, vitamin, mineral, dan asam lemak omega-3 nabati yang baik. Tambahkan bahan ini untuk smoothie, sereal, parfait yogurt, atau pancake.

Keripik buah

Ternyata, menikmati keripik buah atau varietas buah kering tanpa tambahan gula bisa menjadi sumber serat. Makanlah sebagai camilan sendiri atau tambahkan trail-mix ini untuk meningkatkan serat.

Popcorn

Percaya atau tidak, popcorn dianggap sebagai gandum utuh dan merupakan sumber serat yang baik. Namun, bukan popcorn bioskop yang meneteskan mentega. Pilihlah popcorn varietas yang muncul di udara atau yang sedikit minyak.

Kacang

Semua kacang mengandung serat, tetapi almond juaranya karena memiliki sekitar 3,5 gram serat per ons. Anda bisa menggiling almond dalam food processor untuk mencampurnya pada hidangan ayam.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement