Rabu 14 Aug 2024 17:19 WIB

Psikolog Sebut Konseling Pranikah Penting untuk Identifikasi Potensi KDRT

Melalui konseling pranikah, keduanya bisa memahami apakah calon punya gangguan emosi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT (ilustrasi). Menurut psikolog, konseling pranikah dapat menjadi medium untuk mengidentifikasi potensi KDRT.
Foto: Foto : MgRol112
Kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT (ilustrasi). Menurut psikolog, konseling pranikah dapat menjadi medium untuk mengidentifikasi potensi KDRT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konseling pranikah dinilai penting dilakukan bagi pasangan yang hendak menikah, terutama bagi mereka yang menjalani proses taaruf. Psikolog dari Insight Psikologi, Alfa Restu Mardhika, menjelaskan bahwa konseling pranikah dapat menjadi medium untuk mengidentifikasi potensi kekerasan dalam rumah tangga.

Alfa mengatakan melalui konseling pranikah, keduanya dapat memahami tanda-tanda apakah calon suami atau istri memiliki gangguan emosi seperti anger disorder atau temperamen buruk yang berpotensi menjadi pelaku KDRT. “Konseling pranikah sangat penting, terutama bagi pasangan yang menjalani taaruf. Selain mencari informasi mengenai calon pasangan dari orang terdekat atau mengalami pola komunikasinya dengan orang tua, tanda-tanda apakah dia berpotensi KDRT bisa terlihat selama sesi konseling,” kata Alfa saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (14/8/2024).

Baca Juga

Sebelum menikah, kata Alfa, kedua calon mempelai bukan hanya perlu memeriksa kesehatan atau kesiapan fisik. Namun juga penting untuk mengevaluasi kesehatan psikologi calon pasangan. Ia menambahkan bahwa dalam sesi konseling, seorang psikolog akan memberikan penjelasan tentang karakter calon pasangan yang mungkin sebelumnya tidak disadari.

“Dalam konseling pranikah, biasanya psikolog akan memberikan penjelasan ‘Nih calon kamu ini ada masalah A dan B, kamu mau nerima gak?’ gitu,” kata alumni Psikologi Universitas Indonesia tersebut.

Alfa tak memungkiri bahwa hingga saat ini konseling pranikah masih belum banyak dilakukan oleh calon pasangan. Karenanya dia pun berharap kedepannya semakin banyak calon pasangan yang aware mengenai pentingnya konseling pranikah.

“Memang konseling pranikah belum cukup umum di masyarakat, tapi semoga semakin banyak orang yang sadar bahwa konseling pranikah itu penting untuk memastikan kesiapan mental kedua belah pihak,” kata Alfa.

Imbauan Alfa mengenai pentingnya konseling pranikah menjadi tanggapan atas viralnya kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dialami oleh selebgram Cut Intan Nabila, oleh suaminya, Armor Toreador. Kasus KDRT ini mengejutkan publik setelah Cut Intan membagikan rekaman CCTV yang memperlihatkan dirinya tengah dipukul tiada henti oleh Armor. Saat ini, Armor telah ditangkap oleh Polres Bogor. Penyidik juga menjerat Armor dengan pasal berlapis dan terancam hukuman maksimal 10 tahun penjara.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement