Kamis 11 Jul 2024 12:34 WIB

Video Bangtan Bomb Jungkook BTS di Qatar tak Dilengkapi Subtitles, Fans Protes

Video Bangtan Bomb Jungkook BTS dinilai mendapat perlakuan diskriminasi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Jungkook (kanan) saat tampil di Stadion Al Bayt di Al Khor, Qatar, 20 November 2022. Video Bangtan Bomb yang menampilkan Jungkook di Qatar diprotes karena tidak memiliki subtitle bahasa Inggris.
Foto: EPA-EFE/YONHAP SOUTH KOREA OUT
Jungkook (kanan) saat tampil di Stadion Al Bayt di Al Khor, Qatar, 20 November 2022. Video Bangtan Bomb yang menampilkan Jungkook di Qatar diprotes karena tidak memiliki subtitle bahasa Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk merayakan hari jadi Army BTS yang jatuh pada 9 Juli, Hybe merilis tiga video Bangtan Bomb yang menampilkan V, Jimin, dan Jungkook. Namun video yang tayang di Bangtan TV tersebut memicu kontroversi di antara penggemar yang menilai ada perlakuan diskriminasi terhadap Jungkook.

Hal ini didasarkan pada fakta bahwa hanya video Jungkook yang tidak dilengkapi dengan subtitle bahasa Inggris, sementara video V dan Jimin dilengkapi dengan subtitle bahasa Inggris. Sebagai bentuk protes, penggemar pun menggunakan media sosial untuk mendesak BigHit agar menambahkan subtitle. Hastag BigHit Fix the Subtitles pun menjadi trending.

Baca Juga

Tidak hanya itu, penggemar Jungkook juga menilai bahwa hal ini menunjukkan bagaimana agensi BTS tidak berlaku adil terhadap setiap member. “Jadi mereka menghapus subtitle bahasa Inggris dari Bangtan Bomb terbaru Jungkook, dan dia satu-satunya member BTS yang mengalami hal ini? Perusahaan ini tidak pernah gagal menunjukkan anti mereka terhadap JK. Kesuksesan organiknya mengganggu banyak orang termasuk mereka yang berada di gedung Hybe,” kata seorang penggemar @jeonprotec** dalam unggahannya di X, dikutip Kamis (11/7/2024).

“Saya akan tetap menonton video ini meskipun subtitle-nya dihapus. Tidak menghentikan kita untuk mengapresiasi dan mencintai Jungkook,” komentar penggemar lainnya @saranje** di section komentar di video Jungkook.

Berdurasi hampir 7 menit, video berjudul Bangtan Bomb “Jungkook Unwind in Qatar” yang diunggah di Bangtan TV memang hanya menampilkan subtitle Korea saja. Berbeda dengan video V dan Jimin yang menampilkan subtitle bahasa Inggris.

Video Jungkook menunjukkan dirinya sedang bersantai di Qatar menjelang penampilannya di upacara pembukaan Piala Dunia FIFA pada 2022. Anggota termuda BTS ini terlihat tiba di bandara dalam keadaan mengantuk dan langsung menuju ke hotelnya, di mana ia berenang di kolam renang, sambil berbicara tentang perubahannya pada menit-menit terakhir dalam penampilan tariannya untuk acara akbar tersebut.

Mengenakan pakaian renang berwarna hitam, ia berlatih menari sambil tetap basah kuyup. Dia juga mengambil beberapa foto dengan latar belakang yang indah. Lalu duduk di rollercoaster di taman hiburan dan menikmati arena bowling.

Jungkook membawakan lagu “Dreamers” di panggung dunia dan merupakan bintang K-pop pertama yang melakukannya. Didapuk untuk tampil di upacara pembukaan di Qatar, pelantun “Euphoria” ini membawakan lagu berbahasa Inggris penuh di depan penonton yang memadati Stadion Albaite di Alcor.

Lagu “Dreamers” juga berhasil mencetak rekor baru sebagai lagu resmi Piala Dunia FIFA tercepat yang mencapai nomor satu di tangga lagu iTunes Top Songs di Amerika Serikat. Lagu ini hanya membutuhkan waktu 2 jam dan 11 menit untuk memuncaki tangga lagu tersebut.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement