Kamis 23 May 2024 06:30 WIB

Kaki Terasa Dingin, Kapan Harus Khawatir dan Memeriksakan Diri?

Ada beberapa penyebab kaki terasa dingin.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan memegang kakinya (ilustrasi). Kaki terasa dingin dapat menjadi pertanda adanya masalah kesehatan.
Foto: www.freepik.com.
Perempuan memegang kakinya (ilustrasi). Kaki terasa dingin dapat menjadi pertanda adanya masalah kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kaki dingin bisa dipicu berbagai penyebab. Terkadang, alasan paling sederhana adalah suhu dingin. Jika Anda mengenakan baju yang kurang hangat dan kaki telanjang di tengah cuaca dingin, masuk akal jika kaki menjadi lebih dingin dibanding area tubuh lain.

Akan tetapi, jika kaki terasa dingin berulang kali, bahkan saat cuaca sedang hangat atau panas, barangkali ada penyebab lain yang mendasarinya. Dikutip dari laman The Northern Echo, Selasa (21/5/2024), berikut sejumlah pemicu kaki dingin.

Baca Juga

- Sirkulasi darah yang buruk

Sirkulasi yang buruk dapat menyulitkan cukup darah sampai ke kaki secara teratur, sehingga membuat kaki lebih dingin dibandingkan bagian tubuh lainnya. Masalah sirkulasi bisa disebabkan oleh kondisi jantung.

Dalam hal ini, mungkin jantung kesulitan memompa darah ke seluruh tubuh dengan kecepatan yang cukup cepat. Sirkulasi yang buruk bisa disebabkan oleh terlalu banyak duduk akibat gaya hidup tidak banyak bergerak, seperti duduk atau rebahan sepanjang hari.

- Anemia

Anemia berkembang ketika tubuh kekurangan sel darah merah. Ini adalah penyebab umum kaki dingin, terutama pada kasus anemia yang parah atau anemia defisiensi besi. Namun, penyakit ini dapat diobati dengan relatif mudah dengan perubahan pola makan dan suplemen.

- Diabetes tipe satu dan dua

Diabetes tidak hanya menyebabkan kaki terasa dingin saat disentuh, tetapi juga akibat adanya kerusakan saraf. Gejala lain mungkin termasuk mati rasa atau kesemutan pada kaki. Segera periksakan ke dokter dan berhati-hatilah untuk memeriksa apakah ada luka atau cedera.

- Hipotiroidisme

Kondisi ini terjadi ketika tiroid kurang aktif dan tidak menghasilkan cukup hormon tiroid sehingga mengganggu metabolisme tubuh. Karena metabolisme mengontrol detak jantung dan suhu tubuh, tiroid yang kurang aktif dapat menyebabkan kaki menjadi lebih dingin.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement