Selasa 07 May 2024 00:02 WIB

Tanda Kulit Menua dengan Baik, Biasanya Punya 5 Ciri Ini

Tak merokok sepanjang hidup memberi kesempatan kulit menua dengan baik dan sehat.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Kerutan di dahi. Ahli dermatologi mengidentifikasi lima tanda yang menunjukkan kulit Anda sedang dalam kondisi baik saat menua.
Foto: www.freepik.com
Kerutan di dahi. Ahli dermatologi mengidentifikasi lima tanda yang menunjukkan kulit Anda sedang dalam kondisi baik saat menua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika berbicara tentang penuaan kulit, biasanya kita fokus pada tanda-tanda negatif seperti kerutan, bintik matahari, atau kulit kering. Namun, para ahli mengungkapkan ada beberapa tanda positif yang menunjukkan bahwa kulit Anda sebenarnya menua dengan baik dan sehat.

Dilansir Huffpost pada Senin (6/5/2024), ahli dermatologi mengidentifikasi lima tanda yang menunjukkan kulit Anda sedang dalam kondisi baik saat menua:

Baca Juga

1. Kulit cepat sembuh dari cedera

Seberapa cepat kulit Anda sembuh dari luka dapat menjadi indikator kesehatan kulit dan penuaannya. Menurut dr Lauren Moy, kulit yang sembuh dari luka terbuka dalam waktu singkat menunjukkan adanya nutrisi yang cukup dan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Luka yang sembuh dalam waktu empat hingga enam pekan adalah tanda bahwa kulit Anda dalam kondisi baik.

2. Tekstur kulit halus

Kulit yang terasa halus dan terhidrasi menunjukkan Anda telah melakukan pekerjaan yang baik dalam merawat kulit. Rutinitas perawatan kulit yang ketat dan kurangnya kerusakan akibat sinar matahari berkontribusi pada tekstur kulit yang halus.

3. Memiliki volume di wajah

Memiliki volume wajah yang tetap terjaga seiring bertambahnya usia menunjukkan adanya kolagen dan elastisitas yang sehat pada kulit. Paparan sinar matahari dan faktor penuaan eksternal lainnya dapat mempercepat kehilangan volume wajah.

4. Warna kulit yang merata

Warna kulit yang merata tanpa bintik-bintik matahari menunjukkan bahwa Anda telah melindungi kulit dengan baik dari paparan sinar UV. Perlindungan sinar matahari yang baik sangat penting untuk mencegah perubahan warna kulit yang tidak diinginkan.

5. Tidak merokok

Tidak merokok sepanjang hidup memberikan kesempatan pada kulit Anda untuk menua dengan baik dan sehat. Merokok dapat menyebabkan kerutan, kekeringan kulit, dan efek lain yang mempercepat proses penuaan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement