Jumat 26 Apr 2024 19:13 WIB

Tujuh Jenis Pakaian Terbaik untuk Tidur, Bisa Bikin Lebih Berkualitas

Apa yang dikenakan saat tidur bisa menjadi penentu seberapa baik tidur.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Seorang wanita tidur (ilustrasi). Apa yang dikenakan saat tidur bisa menjadi penentu seberapa baik tidur kita.
Foto: www.freepik.com
Seorang wanita tidur (ilustrasi). Apa yang dikenakan saat tidur bisa menjadi penentu seberapa baik tidur kita.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kualitas tidur dapat berdampak besar pada perasaan sepanjang hari, belum lagi kesehatan jangka panjang baik fisik maupun mental. Itu sebabnya berinvestasi dalam kebersihan tidur selalu merupakan ide bagus. Baik itu dengan membeli perlengkapan tidur baru, menciptakan rutinitas malam yang disukai, atau mencari pakaian terbaik untuk tidur agar istirahat sangat nyaman. 

Faktanya, para ahli mengatakan apa yang dikenakan saat tidur bisa menjadi penentu seberapa baik tidur kita. Itu karena kebanyakan orang sangat sensitif terhadap lingkungan termal saat mereka tidur, biasanya membutuhkan suhu yang lebih dingin agar bisa beristirahat dengan baik.

Baca Juga

Bahan yang lembut dan menyerap keringat serta pakaian yang nyaman juga dapat membantu memastikan kita mendapatkan tidur nyenyak. Siap mengubah gaya tidur?

Dilansir laman Best Life, tujuh item pakaian ini memadukan gaya dan kenyamanan sehingga dapat bersantai dalam kemewahan:

1. Set piyama berbahan katun

Set piyama katun adalah pilihan pakaian tidur yang populer karena suatu alasan. “Katun dapat menyerap keringat, lembut, dan menyerap kelembapan, menjadikannya bahan yang ideal untuk pakaian tidur,” kata desainer senior di Cosabella, Dani Read. 

Bahan katun membantu mengatur suhu tubuh, membuat tetap sejuk di cuaca hangat dan nyaman di suhu dingin. Seorang stylist, pakar mode mewah, dan kontributor Margo Paige, Yenia Hernández Fonseca menyukai piyama modal. 

“Dengan sentuhan yang sangat lembut, piyama berbahan modal sangat ideal untuk tidur malam yang nyenyak,” katanya, seraya menyebutkan bahwa bahannya juga sangat kuat dan tahan lama, sehingga kita tahu bahwa kita mendapatkan nilai yang sepadan dengan uang yang dikeluarkan.

2. Kaus kaki rayon

Saat suhu turun, Fonseca merekomendasikan tidur dengan kaus kaki rayon untuk menambah kenyamanan. “Kaus kaki rayon yang ringan dan longgar sangat cocok untuk bersantai karena dapat mengatur suhu dan tidak akan membuat berkeringat jika memutuskan untuk tidur dengan mengenakannya,” kata Read. Menurut Sleep Foundation, mengenakan kaus kaki saat tidur juga dapat membantu tertidur lebih cepat, tertidur lebih lama, dan mengatur suhu tubuh saat tertidur.

 3. Baju tidur sutra

Pakaian tidur sutra yang mewah dan bergaya adalah pilihan bagus lainnya, dan kita tidak perlu menyimpannya untuk acara khusus. “Sutra terasa mewah dan halus di kulit, memberikan pengalaman tidur yang nyaman dan memanjakan. Ini juga merupakan kain yang lembut secara alami, belum lagi bisa menjadi indah dan penuh hiasan,” kata Read.

4. Pembungkus rambut sutra 

Saat tiba waktunya untuk merebahkan kepala untuk beristirahat, jangan abaikan rambut kita. Fonseca merekomendasikan tidur dengan pembungkus rambut sutra untuk melindungi rambut saat tertidur. Tidur dengan pembungkus rambut sutra akan melindungi rambut dari kerusakan dan kusut, karena mengurangi gesekan dengan bantal, terutama bagi orang dengan rambut halus.  

5. Baju tidur 

Untuk pendekatan pakaian tidur yang lebih kasual, Read merekomendasikan kemeja tidur berbahan katun. Namun, kita bisa melakukan lebih baik dengan menggunakan kaus apa pun yang sudah pernah dipakai selama beberapa dekade. “Baju tidur adalah pilihan pakaian tidur yang serbaguna dan nyaman,” kata dia.

6. Baju babydoll yang ringan

Jika ingin meromantisasi hidup, tidur dengan baju babydoll berbahan katun dapat meningkatkan drama. Namun, kita tidak boleh menyerah pada kenyamanan untuk mendapatkan tampilan pakaian dalam, ada banyak pilihan yang sekaligus menawarkan bahan lembut, elastis, dan potongan lucu.

7. Bralet

Tidur tanpa bra mungkin terdengar seperti lambang kenyamanan, tetapi bagi mereka yang memiliki payudara lebih besar, sedikit dukungan pada payudara bisa sangat bermanfaat. “Bralet dapat memberikan dukungan yang ringan dan nyaman,” kata Read.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement