Kamis 25 Apr 2024 20:20 WIB

Mengenal Melukat, Ritual Pembersihan Diri dan Memuliakan Air di Bali

Ritual melukat bukan merupakan kegiatan komersial.

Warga Bali melaksanakan ritual melukat menggunakan air suci di pura Tirta Empul.
Foto:

Memuliakan air

Selain esensi pembersihan diri jasmani dan rohani, melukat juga bersifat memuliakan air. Mata air yang disucikan itu tidak hanya penting sebagai bagian upacara keagamaan, tapi juga digunakan sebagai sumber air bagi masyarakat secara berkelanjutan.

Air yang mengalir melalui cabang-cabang sungai di dekat mata air kemudian mengalir ke lahan pertanian seperti di dekat Pura Tirta Empul di Desa Manukaya Let, Tampaksiring, Gianyar. Sumber mata air itu dirawat dan dijaga oleh masyarakat desa setempat, pemerintah daerah dan pengelola pura tersebut.

photo
Sejumlah Umat Hindu membersihkan diri (melukat) dalam rangkaian peringatan Hari Raya Siwaratri di Pura Tirta Empul, Kabupaten Gianyar, Bali, Sabtu (9/1). - (Antara/Wira Suryantala)

 

Koordinator Daya Tarik Wisata (DTW) Pura Tirta Empul Wayan Suweta menjelaskan rata-rata setiap hari kunjungan mencapai 2.000-3.000 orang, hampir 75 persen di antaranya adalah turis asing. Sebagai upaya menjaga kesucian pura dan sumber mata air, DTW itu memiliki sekitar 50 pemandu dari desa adat setempat yang memberikan penjelasan terkait keberadaan air suci itu.

Filosofi melukat yang bermakna membersihkan diri dan alam semesta serta memuliakan air sebagai sumber kehidupan, sejalan dengan tema besar World Water Forum ke-10 di Bali yakni air untuk kesejahteraan bersama. Di dalam tema itu salah satunya terkandung ketahanan dan kesejahteraan air serta air untuk manusia dan alam.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan melukat merupakan kearifan lokal Bali yang memuliakan air. Ia mengakui melukat sudah banyak mendapatkan respons positif.

Melukat rencananya menjadi salah satu agenda lain dalam World Water Forum yang ditawarkan kepada delegasi karena memberikan keunikan tersendiri dengan ciri khas budaya Bali yang menghormati air.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement