Kamis 25 Apr 2024 14:44 WIB

Perankan Glenn Fredly, Aktor Marthino Lio Didampingi Pelatih Dialek Ambon

Marthino Lio merasa terbantu dengan pelatih yang mengajarkan dialek Ambon.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Aktor pemeran Glenn Fredly The Movie, Marthino Lio. Marthino mendapatkan pelatihan dialek Ambon ketika berperan sebagai Glenn.
Foto: Dok. Time International Films
Aktor pemeran Glenn Fredly The Movie, Marthino Lio. Marthino mendapatkan pelatihan dialek Ambon ketika berperan sebagai Glenn.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dialog berbahasa Ambon serta ujaran bahasa Indonesia dengan dialek Ambon mewarnai film Glenn Fredly The Movie. Hal itu lantaran sosok Glenn Fredly yang jadi sorotan utama dalam film merupakan musisi keturunan Ambon.

Untuk itu, para pemain yang tidak berdarah Ambon mendapat sesi pelatihan khusus dengan coach yang mengajarkan dialek Ambon. Aktor Marthino Lio yang memerankan Glenn serta Bucek Depp yang berperan sebagai ayah dari Glenn termasuk yang mengikuti sesi ini.

Baca Juga

"Kami sebagai pemain di Glenn Fredly The Movie beruntung karena segala sesuatunya disiapkan semua. Ada dialek coach yang terus dipertahankan sejak awal sampai proses reading dan waktu syuting," kata Bucek pada konferensi pers film, Rabu (24/4/2024).

Begitu pun dengan Marthino Lio, yang merasa sangat terbantu melatih aksen Ambon dengan adanya coach khusus untuk dialek. Dalam film, Glenn dikisahkan memiliki konflik berkepanjangan dengan ayahnya, namun dia akhirnya bisa berdamai dengan itu.

Dalam menghidupkan kondisi demikian, Marthino mengatakan hubungan personal yang sudah terbangun antara dirinya dan Bucek sangat membantu. Sebab, Marthino mengatakan, Bucek adalah sahabat dari ibunya sehingga mereka kerap berjumpa.

Terkait perannya di Glenn Fredly The Movie, Marthino mengaku merasa terhormat dan bangga dapat memerankan sosok Glenn yang sangat inspiratif baginya. Dia berharap film tersebut dapat memberikan gambaran yang jelas tentang siapa sosok Glenn dan apa yang dia perjuangkan.

"Semoga bisa memicu sesuatu dalam diri kita untuk terus menjadi pribadi yang lebih baik, terus menggali apa yang bisa kita tinggalkan untuk generasi selanjutnya. Ada baiknya kita meninggalkan sesuatu yang legendary. Berusaha untuk itu saja sudah cukup," ujar Marthino.

Glenn Fredly The Movie turut dibintangi Ruth Sahanaya, Zulfa Maharani, Alyssa Abidin, Sonia Alyssa, Sahira Anjani, Winky Wiryawan, serta penampilan spesial Ridho Hafiedz. Film ini tayang di bioskop Indonesia mulai 25 April 2024, empat tahun setelah Glenn meninggal dunia.

Sebelumnya, telah digelar special screening film di Ambon, bersama istri Glenn, Mutia Ayu, dan putri mereka, Gewa, pada 12 April 2024. Penayangan perdana di Ambon juga berdekatan dengan momen peringatan wafatnya Glenn pada 8 April. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement