Sabtu 20 Apr 2024 12:04 WIB

Quarter-Life Crisis Usik Dewasa Muda Umur 20-30, Apa Saja Pemicunya?

Dilanda quarter-life crisis, dewasa muda bisa merasakan kecemasan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan muda mengalami quarter-life crisis. Pengalaman krisis setiap orang berbeda-beda, sehingga kondisi itu pun dapat terwujud dalam cara yang beragam.
Foto: Flickr
Perempuan muda mengalami quarter-life crisis. Pengalaman krisis setiap orang berbeda-beda, sehingga kondisi itu pun dapat terwujud dalam cara yang beragam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Krisis seperempat baya atau quarter-life crisis bisa menyerang kalangan dewasa muda pada usia pertengahan hingga akhir 20-an serta awal 30-an. Siapa pun yang mengalaminya bisa merasakan kecemasan, keraguan terhadap diri sendiri, juga perasaan tanpa arah.

Profesional perawatan kecemasan Klinis bersertifikat Carrie Howard berpendapat, krisis seperempat baya sebenarnya merupakan bagian normal dari perkembangan seseorang. Itu bisa menjadi masa eksplorasi yang akan menghasilkan refleksi diri dan mendukung pertumbuhan pribadi.

Baca Juga

"Orang dewasa muda pada dasarnya diberi tahu bahwa ini adalah saat terbaik dan paling menyenangkan dalam hidup mereka. Ketika kenyataan hidup tidak sesempurna yang mereka kira, hal ini dapat menimbulkan stres dan kecemasan dalam jumlah besar," ujar Howard, dikutip dari laman Verywell Mind, Jumat (19/4/2024).

Howard menjelaskan, para pakar berpendapat terdapat dua tipe utama quarter-life crisis, yakni locked-in dan locked-out. Jenis krisis locked-in mengacu pada perasaan berkewajiban untuk tetap menjalankan suatu peran, meskipun merasa tidak puas dengan peran tersebut. Sementara, krisis locked-out mencakup rasa tidak berdaya ketika tidak mencapai tujuan yang diinginkan.

Bagaimanapun, pengalaman krisis setiap orang berbeda-beda, sehingga kondisi itu pun dapat terwujud dalam cara yang beragam. Kecemasan paling umum yang dihadapi kaum muda menurut Howard berkisar pada masih belum memiliki gagasan yang jelas tentang siapa diri mereka.

Sebagian kalangan dewasa muda pun mengalami kesulitan menemukan makna, tujuan, dan rasa memiliki dalam hidup. Beberapa lainnya disebut Howard bergulat dengan kekecewaan dan frustrasi yang dialami oleh kehidupan, bahwa ternyata hidup tidak seperti yang mereka pikirkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement