Ahad 14 Apr 2024 15:57 WIB

Bakal Digugat Akibat Unggah Konten Jahat Seputar NewJeans, Youtuber @Middle7 Menghilang

Akun @Middle7 sudah tidak bisa ditemukan di Youtube.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Grup K-pop NewJeans saat menerima penghargaan di acara 38th Golden Disc Awards (GDA) di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Sabtu (6/1/2024). Agensi NewJeans akan menggugat Youtuber.
Foto: Dok JTBC
Grup K-pop NewJeans saat menerima penghargaan di acara 38th Golden Disc Awards (GDA) di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Sabtu (6/1/2024). Agensi NewJeans akan menggugat Youtuber.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang Youtuber yang dikenal karena mengunggah konten jahat mengenai idola K-Pop telah menghilang dari platform tersebut. Hilangnya pengguna Youtube ini terjadi menyusul tuntutan hukum yang diajukan kepadanya oleh agensi grup K-Pop perempuan NewJeans, ADOR.

Dilansir Koreaboo, Ahad (14/4/2024), belum lama ini dilaporkan bahwa ADOR telah meminta bantuan pengadilan federal California, Amerika Serikat (AS) untuk memerintahkan Google menyerahkan identitas pengguna pemilik saluran bernama @Middle7. Dalam pengajuan pengadilan, @Middle7 didakwa membuat pernyataan-pernyataan pencemaran nama baik tentang NewJeans dalam puluhan video yang telah ditonton lebih dari 13 juta kali.

Baca Juga

Beberapa hari setelah berita tersebut dipublikasikan, warganet memperhatikan bahwa saluran tersebut telah mengunggah video tiruan "permintaan maaf" dengan teks yang berbunyi, "Surat permintaan maaf dari siswa sekolah menengah kelas 7 yang digugat oleh NewJeans". Audio yang digunakan dalam video tersebut berjudul "FUXX THAT SHXX" oleh Leellamarz dan TOIL.

Video itu segera dihapus. Menurut laporan Newsis, dalam video pendek tersebut, pengguna terus menghina anggota New Jeans dengan menggunakan foto-foto mereka yang diedit secara aneh. Pengguna itu juga mengeklaim dalam video tersebut bahwa dia membuat konten untuk "bersenang-senang".

"Agensi NewJeans menggugat saya. Saya terbangun dan bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi…Kabar baiknya adalah saya tidak mengajukan permohonan untuk dimonetisasi," kata @Middle7 .

Segera setelah itu, akun @Middle7 dihapus dari Youtube. Siapa pun yang mencoba menelusuri halaman itu akan disambut oleh sebuah pemberitahuan.

"Saluran tersebut telah dihapus karena melanggar pedoman komunitas Youtube," bunyi pemberitahuan Youtube itu.

Penggemar NewJeans merayakan penghapusan akun ini karena pengguna tersebut terkenal karena mem-posting konten yang meremehkan beberapa idola wanita. Beberapa warganet menulis komentar seperti, "Wow luar biasa", "Akun itu melecehkan banyak idola lain selain NewJeans. Ini bagus sekali, LOL", "Si idiot itu pura-pura tegar, LOL. Wow, tetapi HYBE, tolong ikuti contoh ADOR dan marahi para pembenci.", "Wow. Selamat tinggal", dan lain-lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement