Ahad 31 Mar 2024 17:22 WIB

Warganet Sebut Kesuksesan Debut ILLIT Mencurigakan, HYBE Dituduh Lakukan Payola

ILLIT meraih kesuksesan besar segera setelah debut pada 25 Maret.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Grup K-pop baru besutan agensi Hybe, ILLIT. Warganet curiga HYBE melakukan payola untuk membuat grup baru besutannya langsung sukses.
Foto: Dok. Instagram/@illit
Grup K-pop baru besutan agensi Hybe, ILLIT. Warganet curiga HYBE melakukan payola untuk membuat grup baru besutannya langsung sukses.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belum sampai sepekan debut, ILLIT meraih sukses besar. Girl group baru HYBE itu memulai kiprahnya di dunia musik K-pop pada 25 Maret lalu dengan lagu "Magnetic".

Awalnya, "Magnetic" sempat dibanding-bandingkan dengan lagu dari grup NewJeans dan Le Sserafim. Dilansir Koreaboo, Ahad (31/3/2024), debut ILLIT sudah lama dinantikan oleh penggemar K-pop.

Baca Juga

Bahkan, sebelum debut, grup perempuan yang terbentuk melalui acara survival "R U Next?" itu telah menjadi topik hangat. Itu karena mereka kehilangan anggota sebelum debut.

Saat artikel ini ditulis, video musik ILLIT "Magnetic" telah ditonton lebih dari 18,2 juta kali. Grup tersebut telah menjual 291.988 album, menurut Hanteo Chart.

Kesuksesan ini juga terlihat dari total streaming ILLIT, termasuk di Spotify. Mereka memiliki lebih dari satu juta pendengar bulanan dan telah memecahkan rekor streaming pekan pertama mellaui album debut.

"Streaming pekan pertama terbesar untuk album debut grup K-POP sepanjang masa di Spotify:

    #SUPER_REAL_ME-18,1 juta

    NewJeans- 15,6 juta

    The Dream Chapter: Star- 13,6 juta

    FEARLESS-12,1 juta

    YOUTH IN THE SHADE- 11,2 JUTA

**masih terhitung, tinggal tiga hari lagi," tulis akun X ILLIT SPOTIFY @illitonspotify dengan emoji boks biru bertuliskan new, juga emoji pita.

Namun, keberhasilan ini direspons skeptisisme dari sejumlah warganet. Pada tweet yang menceritakan total streaming grup, banyak yang menuduh HYBE membayar kesuksesan grup tersebut agar debut mereka menonjol. Membayar kesuksesan grup ini  dikenal dengan nama "payola".

Beberapa bahkan menggunakan jumlah streaming grup mapan untuk mengungkapkan ketidakpercayaan mereka.

"HYBE benar-benar kalah dengan payola kali ini. Anda harus menghormatinya saat ini," tulis akun X @exsexo***.

Cicitan tersebut ditujukan untuk mengomentari postingan akun X Pop Base @PopBase, "'Magnetic' oleh ILLIT naik 14 peringkat ke puncak baru #36 di Spotify Global dengan 2,46 juta streaming. Lagu ini juga naik 17 peringkat ke puncak baru #75 di Spotify AS dengan 525 ribu streaming."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement