Senin 25 Mar 2024 12:34 WIB

Profil Yun Sung-bin, Atlet Berprestasi Korea yang Dikabarkan Dekat dengan Jihyo Twice

Atlet Yun Sung-bin aktif menekuni olahraga skeleton.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Atlet Korea Selatan Yun Sung-bin. Sung-bin dikabarkan dekat dengan Jihyo Twice.
Foto: Dok Instagram/@top.physica
Atlet Korea Selatan Yun Sung-bin. Sung-bin dikabarkan dekat dengan Jihyo Twice.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Atlet skeleton Yun Sung-bin dikabarkan sedang menjalin hubungan dengan member grup K-pop Twice, Jihyo. Penggemar Twice di Indonesia mungkin penasaran, siapa Yun Sung-bin?

Yun Sung-bin merupakan salah satu atlet berbakat yang dimiliki Korea Selatan. Peraih medali emas pada Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan, itu menekuni olahraga skeleton sejak usia 18 tahun.

Baca Juga

Sejak kecil, Sung-bin selalu tertarik pada dunia olahraga dan aktif mengikuti berbagai kegiatan olahraga di sekolah. Mulai dari lomba lari 100 meter, basket, hingga bakat skeletonnya ditemukan oleh guru pendidikan jasmaninya di sekolah menengah yang juga merupakan pejabat di Federasi Skeleton Bobsleigh Korea.

Pria kelahiran tahun 1994 ini meneruskan kuliahnya di Universitas Olahraga Nasional Korea, yang menerimanya berdasarkan rekomendasi gurunya. Ia dikenal karena ketangkasan dan tubuh atletisnya yang luar biasa, yang memungkinkannya menguasai olahraga skeleton dengan cepat.

Sung-bin juga terkenal dengan helm mirip Iron Man, yang membuatnya seolah-olah terlihat seperti pahlawan komik Marvel itu sedang terbang dengan kecepatan penuh ke depan saat berada di lintasan. Saat pertama kali menjalani pelatihan skeleton, dalam waktu tiga bulan ia sudah mampu memenangkan kejuaraan nasional pada September 2012.

Sung-bin melakukan debut internasionalnya pada musim 2012-2013, tampil di Tur Piala Amerika Utara. Ia pertama kali mendapat perhatian pada musim 2013-2014, ketika menduduki peringkat kelima secara keseluruhan di FIBT Intercontinental Cup Tour 2013-2014.

Dia memenangkan emas di putaran keenam tur di Whistler, Kanada, pada 5 hingga 6 Januari 2014, menjadi skeleton slider Korea pertama yang finish di puncak podium acara internasional. Sung-bin menyelesaikan kompetisi Olimpiade pertamanya dengan posisi ke-16 yang mengecewakan di Sochi. Namun ia terus berkembang pada musim 2014-2015 di bawah bimbingan spesialis skeleton Inggris Richard Bromley, salah satu pendiri Bromley Sports, salah satu perusahaan manufaktur kereta luncur terkemuka di dunia.

Sung-bin mencatat podium Piala Dunia pertamanya dengan perunggu di Calgary pada Desember 2014. Pada musim 2015-2016, dia meraih medali emas Piala Dunia pertamanya di putaran ketujuh St Moritz, bersama dengan medali perak di Kejuaraan Dunia IBSF 2016 di Igls, menyelesaikan peringkat keseluruhan Piala Dunia musim itu di tempat kedua dengan satu emas, tiga perak, dan dua perunggu.

Pada musim 2016-2017, Sung-bin meraih medali emas Piala Dunia keduanya di babak pertama di Whistler. Dia menyelesaikan peringkat keseluruhan Piala Dunia musim itu di tempat kedua dengan satu emas, tiga perak, dan dua perunggu.

Sung-bin memenangkan keseluruhan Piala Dunia 2017-2018, menjadi atlet Asia pertama yang memenangkan gelar keseluruhan di Piala Dunia Skeleton. Pada Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan, Sung-bin meraih medali emas, menjadi atlet pertama dari luar Eropa dan Amerika Utara yang memenangkan medali skeleton Olimpiade, dan atlet pertama dari Korea Selatan yang memenangkan medali Olimpiade Musim Dingin di acara non seluncur es.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement