Jumat 01 Mar 2024 08:00 WIB

Lagu BTS, Blackpink, Twice, Hingga NCT Mulai tak Bisa Dipakai di TikTok

Penggemar artis UMG pun kesulitan mengakses musik kesukaan mereka di TikTok.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Grup K-pop BTS. Universal Music Group mulai hapus lagu artis-artisnya dari TikTok.
Foto: Dok. BigHit
Grup K-pop BTS. Universal Music Group mulai hapus lagu artis-artisnya dari TikTok.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Universal Music Group (UMG) mengumumkan keputusannya untuk menghapus musik dari artisnya dari aplikasi TikTok. Langkah ini menyebabkan kehebohan di kalangan penggemar musik global, terutama penggemar K-pop, dengan artis seperti BTS dan Blackpink yang terkena dampaknya.

Dilansir Koreaboo pada Jumat (1/3/2024), UMG mengungkapkan bahwa keputusan ini merupakan akibat dari berakhirnya kontrak mereka dengan TikTok pada 30 Januari lalu. Dalam pernyataan resminya, UMG menyatakan keprihatinannya terhadap isu kompensasi yang adil bagi artis dan penulis lagu mereka, serta keamanan pengguna TikTok terkait penggunaan kecerdasan buatan (AI) dan masalah daring.

Baca Juga

Namun, respons TikTok terhadap pernyataan UMG dianggap kontroversial oleh banyak pihak. Meskipun banyak yang kecewa dengan keputusan UMG, warganet menilai respons TikTok tidaklah profesional.

Awalnya, diperkirakan bahwa artis seperti Taylor Swift, Justin Bieber, Ariana Grande, BTS, dan Blackpink akan terkena dampaknya. Namun, pada saat penghapusan dimulai, tidak semua artis tersebut terkena dampaknya.

 

Sebagian besar artis Barat terpengaruh, tetapi BTS dan Blackpink hanya merasakan dampak minor karena kesepakatan mereka dengan UMG hanya sebatas distribusi. Namun, banyak grup K-pop lainnya tidak seberuntung itu.

Grup-grup seperti NCT, SuperM, Red Velvet, &TEAM, dan banyak lagi, kehilangan sejumlah besar lagu mereka. Penghapusan bahkan mencakup rilisan dalam bahasa Jepang atau Inggris.

Penggemar juga melaporkan bahwa lagu-lagu populer seperti "Feel Special", "Cry For Me", dan "Knock Knock" dari Twice telah dihapus. Penghapusan ini berdampak luas, termasuk pada album rekan satu label BTS, TXT The Name Chapter: Temptation, dan hits viral seperti "OMG" dari NewJeans.

Dampaknya juga dirasakan oleh Blackpink, dengan sebagian besar diskografi mereka hilang dari TikTok. Terkait BTS, banyak lagu dan rilisan solo mereka menjadi tidak tersedia di platform. Bahkan, kolaborasi dengan artis lain, seperti Coldplay dan Becky G, juga terkena dampak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement