Jumat 22 Mar 2024 03:48 WIB

Pernah Berdoa di Tembok Ratapan Lalu Mengaku Khatam Alquran, Will Smith Agamanya Apa?

Will Smith mengaku sudah membaca 30 juz Alquran dan kitab suci agama lain.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
 Aktor AS Will Smith. Dalam wawancara terbarunya, Smith mengaku telah khatam membaca Alquran.
Foto: EPA-EFE/Peter Foley
Aktor AS Will Smith. Dalam wawancara terbarunya, Smith mengaku telah khatam membaca Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbicara dalam siniar "Big Time" yang ditayangkan pada Senin (18/3/2024), aktor Will Smith mengaku telah khatam membaca Alquran pada Ramadhan tahun lalu. Apa betul dia sudah menjadi mualaf?

Dalam wawancara dengan The Christian Post pada 2015, Smith yang dibesarkan sebagai pemeluk Katolik dan telah dibaptis mengaku bukan individu yang religius, tidak terikat dengan ajaran agama tertentu. Lalu, pada 2017, dia pernah mengunjungi Tembok Ratapan di Kota Tua Yerusalem, situs doa paling suci bagi orang Yahudi sekaligus wilayah Palestina yang diduduki Israel.

Baca Juga

Smith berkunjung ke Yerusalem ketika sedang syuting remake film klasik Disney, Aladdin, di negara tetangga, Yordania. Bintang Hollywood sekaligus rapper itu berkeliling Kota Tua dan berdoa di Tembok Ratapan.

"Saya bersantai di Tembok Ratapan," kata Smith, dikutip dari Times of Israel.

Smith mengaku merasa terhormat berada di sana. Dia menyebut situs suci itu sebagai tempat yang sangat spiritual dan sangat berpengaruh.

"Saya merasa sangat terhormat berada di sini," kata bintang serial televisi "The Fresh Prince of Bel-Air" itu.

Ditemani oleh beberapa pemeran Aladdin, Smith juga mengunjungi Church of the Holy Sepulchre alias Gereja Makam Kudus. Ini merupakan gereja yang menjadi tujuan ziarah utama umat Kristen dan diyakini sebagai tempat Yesus disalib. Aktor Men in Black itu pernah ke Israel pada 2006 bersama istrinya, Jada Pinkett Smith.

Smith juga pernah ke India untuk mencari ketentraman jiwa setelah kontroversi yang dilakukannya ketika menampar komedian Chris Rock di panggung Oscar pada 2022. Dilansir dari laman People, sebuah sumber mengatakan Smith pergi ke India untuk berlatih yoga dan meditasi.

Itu merupakan kali kedua Smith ke India dalam rangka kunjungan spiritual. Pada 2019, Smith menyebut kunjungannya memberinya pemahaman lebih baik tentang dirinya sendiri.

Ketika itu, Smith mendatangi Haridwar, salah satu kota suci di India. Dia juga melakukan "puja", yakni ritual pemujaan yang dilakukan oleh umat Hindu, dan beberapa kegiatan spiritual lainnya.

Lalu, menurut laporan Newsweek pada 2020, aktor berusia 55 tahun itu menepis kabar yang ramai bahwa dia bergabung dengan Church of Scientology, organisasi aliran kepercayaan yang didirikan pengarang asal AS, Laffayette Ronald Hubbard, pada 1954.

Hanya saja, publik menduga Smith punya koneksi dengan Scientology karena dia pernah mendirikan lembaga pendidikan New Village Leadership Academy yang mengajarkan kepercayaan kontroversial tersebut kepada siswanya. Kepada majalah Ebony, pada 2009, istri Smith, Jada Pinkett-Smith, membantah sekolah tersebut terkait dengan Scientology.

Meski bermasalah, Church of Scientology telah memiliki banyak anggota dari kalangan selebritas, seperti Tom Cruise, Kirstie Alley, dan John Travolta. Tak sedikit yang menilai Scientology hanyalah aliran sesat atau malah perusahaan transnasional yang memiliki usaha komersial yang tidak jujur dan mengeksploitasi anggotanya, terlebih yang berasal dari kalangan atas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement