Rabu 20 Mar 2024 14:03 WIB

Gigi Susu Nantinya akan Tanggal, Betulkah tak Perlu Dirawat?

Gigi susu kelak akan berganti dengan gigi permanen.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Anak menyikat gigi. Gigi susu anak akan berganti dengan gigi permanen sekitar usia enam sampai sembilan tahun.
Foto:

Jika ada masalah seperti gigi susu belum tanggal, tapi sudah tumbuh gigi permanen hingga berdesakan, sebaiknya diperiksakan sejak dini. Demikian juga ketika mengalami masalah lain, seperti terjadi trauma karena jatuh, pertumbuhan abnormal, juga perlu diperiksakan secepat mungkin.

Biaya perawatan gigi sedini mungkin juga bisa lebih murah dibandingkan datang ketika kondisi sudah semakin parah. Untuk perawatan gigi susu anak, menurut drg Alana, sebenarnya tidak sulit. Berikut yang bisa diterapkan orang tua:

- Pastikan kebersihan gigi dengan gosok gigi rutin pagi dan malam. Untuk sore hari sehabis mandi boleh gosok gigi, namun yang terpenting adalah malam sebelum tidur

- Bawa anak rutin ke dokter gigi

- Benang gigi, pemasangan alat sudah boleh dilakukan dengan konsultasi

- Kurangi makanan manis

- Hindari kebiasaan buruk, seperti mengisap ibu jari, mengisap benda, mendorong lidah ke depan, menggigit bibir, bernapas melalui mulut, mengunyah satu sisi, dan penggunaan dot empeng berlebihan.

Tidak lupa, asupan nutrisi penting, seperti kalsium, fosfor, sejak kehamilan ibu, juga membantu mendukung pertumbuhan gigi anak. Selain itu, pastikan anak gosok gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dan dibantu orang tua, setidaknya saat masih usia di bawah tujuh tahun agar pembersihannya bisa maksimal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement