Selasa 19 Mar 2024 15:18 WIB

Ade Paloh Vokalis Band Sore Meninggal Dunia, Musisi Ucapkan Belasungkawa

Vokalis band Sore, Ade Paloh, meninggal dunia pada usia 47 tahun.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Vokalis Sore Band, Ade Paloh. Ade meninggal dunia pada Selasa (19/3/2024). Para musisi pun menyampaikan ucapan belasungkawa.
Foto: Dok. Instagram/@sorezeband
Vokalis Sore Band, Ade Paloh. Ade meninggal dunia pada Selasa (19/3/2024). Para musisi pun menyampaikan ucapan belasungkawa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabar duka datang dari band Sore. Sang vokalis, Firza Achmar Paloh atau dikenal dengan Ade Paloh, meninggal dunia pada Selasa (19/3/2024) dalam usia 47 tahun. Sebelum meninggal dunia, Ade yang juga merupakan keponakan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh sedang dalam kondisi sakit. 

Hal ini dikonfirmasi oleh sang drummer, Bemby Gusti, yang mengunggah Instagram Story alamat dan lokasi pemakaman Ade. Kabar ini mengagetkan sejumlah musisi, lantaran sehari sebelumnya Ade masih mengunggah Instagram Story.

Baca Juga

“Selamat jalan Mas Ade,” tulis vokalis Hindia, Baskara Putra. 

“Bang (emoji sedih),” tulis band The Panturas.

“Selamat jalan Bang Ade,” tulis Teddy Adhitya.

“Selamat jalan De,” tulis Dipha Barus. 

“Selamat jalan De,” tulis band Goodnight Electric.

Gitaris Barasuara, Iga Massardi, mengunggah foto kebersamaan dengan Ade di feed akun Instagram miliknya. Ia mengatakan bahwa ia akan berkolaborasi dengan Ade sehabis Lebaran dan baru saja malam sebelum Ade meninggal, mereka bertemu untuk membicarakan hal itu.

“Ya Allah kok begini. Orang baik jalannya lapang insya Allah. Itu 2016 kita ngobrol di FB, masih inget gue sampai akhirnya diundang konser Sore. Nggak pernah nyangka bakal ngomong begini, husnul khotimah Ade Firza Paloh,” tulis Iga.

Is yang merupakan mantan vokalis Payung Teduh juga mengunggah foto kebersamaan dengan Ade di akun Instagram miliknya. “Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Allah sayang sama Abang. Allah kasih bulan paling mulia. Bang Ade. Ga keburu Bang. Maafkan saya. Ketemu lagi ya Bang,” tulisnya.

Band Sore merupakan grup musik beraliran indie yang berdiri sejak 2002. Selain Ade Paloh, band ini juga digawangi Bemby Gusti pada drum dan Awan Garnida pada bas.

Mereka merilis album pertamanya pada 2005 bertajuk Centralismo. Album ini dipuji oleh majalah Time Asia sebagai salah satu dari Lima Album Asia yang Layak Dibeli, dan majalah Rolling Stone Indonesia menempatkannya pada peringkat ke-40 dalam 150 Album Indonesia Terbesar Sepanjang Masa.

Single kelima mereka dari album tersebut "Tak Ada Buah Untuk Hari Ini", membuat mereka menempati peringkat 150 Album Indonesia Terbesar Sepanjang Masa. Sore juga mengisi original soundtrack film Janji Joni berjudul “Funk The Hole”.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement