Kamis 14 Mar 2024 22:00 WIB

Kena Kanker Payudara, Bintang X-Men Olivia Munn Jalani Mastektomi Ganda

Olivia Munn didiagnosis kanker payudara Luminal B.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Aktris Olivia Munn didiagnosis kanker payudara luminal B.
Foto:

Dalam unggahan terbarunya, Munn juga memberikan apresiasi kepada dokternya, dr Thais Aliabadi. Aktris yang membintangi film The Predator dan serial New Girl ini mengatakan, dia mungkin tak akan terdiagnosis dengan kanker payudara dengan cepat tanpa peran sang dokter.

"Dokter Aliabadi melihat faktor-faktor risiko yang saya miliki, seperti umur, riwayat kanker payudara dalam keluarga, dan fakta bahwa saya memiliki anak pertama di atas usia 30 tahun. Dia menemukan bahwa risiko saya (terhadap kanker payudara) adalah 37 persen," ungkap Munn.

Dari analisis itulah, Munn terdorong untuk menjalani serangkaian pemeriksaan deteksi dini, mulai dari MRI hingga biopsi. Hasil pemeriksaan biopsilah yang kemudian menunjukkan bahwa Munn memiliki kanker Luminal B di kedua payudaranya.

Kanker Luminal B merupakan jenis kanker payudara yang agresif dan bisa bermetastasis dengan cepat. Oleh karena itu, 30 hari setelah biopsi dilakukan, Munn tak ragu untuk menjalani prosedur pengangkatan kedua payudaranya atau mastektomi ganda.

"Saya beruntung. Kami menemukannya di waktu yang cukup sehingga saya memiliki opsi (terapi). Saya mengharapkan hal yang sama untuk semua perempuan yang mungkin akan mengalami kondisi ini suatu hari nanti," jelas Munn.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement