Kamis 14 Mar 2024 06:49 WIB

Nutrisi di Makanan Ini Dinilai Efektif Cegah Depresi dan Gangguan Kecemasan

Ada 7 makanan dan minuman yanh dipercaya bisa mencegah depresi dan gangguan kecemasan

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Sayuran hijau. (Ilustrasi). Ada beberapa makanam yang kandungan nutrisinys dipercaya mampu mencegah depresi dan gangguan kecemasan.
Foto: Boldsky
Sayuran hijau. (Ilustrasi). Ada beberapa makanam yang kandungan nutrisinys dipercaya mampu mencegah depresi dan gangguan kecemasan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pola makan yang buruk tidak hanya dapat memicu berbagai penyakit fisik, tetapi juga gangguan kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan. Untuk menangkal depresi dan gangguan kecemasan, cara termudah adalah memperhatikan apa yang dimakan setiap hari.

Psikiater nutrisi Drew Ramsey membagikan tujuh makanan dan minuman yang efektif dalam upaya pencegahan tersebut. Berikut makanan dan minuman yang disarankan penulis buku Eat to Beat Depression and Anxiety itu, dikutip dari laman Worth, Kamis (14/3/2024). 

Baca Juga

1. Sayuran hijau

Ramsey kerap menonjolkan pentingnya nutrisi dalam sayuran berdaun hijau. Bahkan, dia menulis buku resep berjudul Fifty Shades of Kale. Meski begitu, tidak hanya kale yang punya manfaat baik, tapi juga beragam sayuran hijau seperti sawi, brokoli, bayam, dan lainnya.

2. Buah warna-warni

Buah warna pelangi juga disebut Ramsey sangat ampuh mencegah depresi dan gangguan kecemasan. Utamanya, buah ungu kemerahan yang mengandung antosianin, suatu flavonoid (pigmen makanan) yang bergizi. Namun, berbagai buah lain juga sangat dia sarankan. 

3. Makanan laut

Ramsey menjelaskan bahwa makanan laut baik untuk kesehatan mental, disebabkan oleh kandungan asam lemak omega-3. Tidak hanya ikan salmon yang populer, namun juga berbagai makanan laut lain, asal yang rantai makanannya rendah untuk menghindari merkuri.

4. Kacang-kacangan 

Sebuah penelitian terhadap para mahasiswa yang depresi dan cemas di Australia menunjukkan peningkatan suasana hati yang signifikan saat mereka menyantap satu porsi kacang-kacangan setiap sore. Kacang-kacangan juga mengandung serat prebiotik yang sangat baik untuk usus.

5. Daging

Ini mungkin terdengar kontroversial, namun Ramsey percaya konsumsi daging secara moderat sebenarnya sehat dan baik untuk mental. Daging mengandung banyak nutrisi penting, termasuk asam lemak yang bergizi dan bermanfaat bagi tubuh.

6. Telur dan susu fermentasi

Telur dan produk susu fermentasi kerap dihindari, padahal manfaatnya sangat besar. Sebuah penelitian mengonfirmasi bahwa kolin dalam telur dikaitkan dengan penurunan kecemasan. Telur juga kaya akan protein berkualitas tinggi dan vitamin B.  

7. Cokelat hitam

Cokelat hitam adalah kudapan yang baik untuk otak. Sebuah studi di Amerika Serikat terhadap lebih dari 13 ribu orang dewasa menunjukkan penurunan depresi sebesar 57 persen pada peserta yang mengonsumsi cokelat hitam. Konsumsi moderat cokelat hitam sehari akan mengurangi hormon stres kortisol.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement