Jumat 08 Mar 2024 21:08 WIB

Pemilihan Puteri Indonesia 2024 Tambah Gelar 'Puteri Indonesia Pendidikan dan Kebudayaan'

Pendidikan dan kebudayaan merupakan unsur penting bagi Indonesia.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Konferensi pers grand final Pemilihan Puteri Indonesia 2024 di Summit Room, Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (8/3/2024).
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Konferensi pers grand final Pemilihan Puteri Indonesia 2024 di Summit Room, Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (8/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Malam puncak grand final Pemilihan Puteri Indonesia 2024 berlangsung di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (8/3/2024). Pada penyelenggaraan Puteri Indonesia tahun ini, terdapat satu gelar baru, yaitu Puteri Indonesia Pendidikan dan Kebudayaan 2024. 

Dewan Pertimbangan Presiden sekaligus Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani, menyampaikan alasan di balik gelar teranyar tersebut. Menurut Putri, pendidikan dan kebudayaan merupakan unsur penting.

Baca Juga

"Pendidikan dibutuhkan agar bangsa Indonesia bisa maju. Budaya juga menjadi kekuatan bangsa kita. Tidak ada satu pun negara yang punya keragaman budaya selain Indonesia, jadi budaya merupakan unsur kuat bagi bangsa kita," kata Putri pada konferensi pers sebelum gelaran Pemilihan Puteri Indonesia 2024 di Summit Room, Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (8/3/2024).

Puteri Indonesia Pendidikan dan Kebudayaan 2024 yang terpilih malam ini akan bertugas mengadvokasi, menyebarluaskan, dan mengajak masyarakat untuk memiliki kesadaran lebih besar di sektor pendidikan dan budaya. Puteri Indonesia Pendidikan dan Kebudayaan juga akan mewakili Indonesia di ajang Miss Cosmo.

Ini pertama kalinya Indonesia akan berpartisipasi di ajang Miss Cosmo. Pertimbangan yang disampaikan Putri Kus Wisnu Wardani terkait keterlibatan itu adalah Yayasan Puteri Indonesia ingin memberikan kesempatan yang lebih besar bagi kontestan Puteri Indonesia untuk berlaga di kancah internasional.

Sebelumnya, gelaran Puteri Indonesia memberi mahkota kepada tiga sosok. Ketiga gelar yang sudah ada sebelumnya antara lain Puteri Indonesia yang mewakili Indonesia di ajang Miss International, Puteri Indonesia Lingkungan yang mewakili Indonesia di ajang Miss Supranational, dan Puteri Indonesia Pariwisata yang mewakili Indonesia di ajang Miss Charm.

Dengan tambahan Puteri Indonesia Pendidikan dan Kebudayaan, akan ada empat perempuan yang terpilih untuk dimahkotai malam ini. "Keempat Puteri Indonesia 2024 ini akan mengukuhkan keindahan dan kecerdasan perempuan Indonesia di mata dunia," ujar Putri. 

Dia menyampaikan, terdapat 42 finalis Puteri Indonesia 2024 yang bersaing untuk mendapatkan empat gelar itu. Seluruh finalis mewakili hampir semua provinsi yang ada di Indonesia. Malam grand final akan menampilkan keindahan, bakat, dan pesona para finalis tersebut. 

Bekerja sama dengan PT Mustika Ratu Tbk, Yayasan Puteri Indonesia konsisten mendidik dan melahirkan perempuan-perempuan muda berkualitas untuk menjadi sumber daya manusia yang unggul. Untuk itu, bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia, IPMI Business School, BSI, dan Universitas Multimedia Nusantara, Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu memberikan beasiswa untuk para finalis Puteri Indonesia.

Bukan hanya untuk para pemenang dan para peraih atribut, akan tetapi semua finalis disebut akan mendapatkan hak untuk menerima beasiswa. Mereka bisa memilih pendidikan S1 atau melanjutkan S2, serta bebas memilih jurusan dengan perguruan tinggi yang bekerja sama dengan gelaran Puteri Indonesia 2024.

Keistimewaan lain di gelaran grand final Puteri Indonesia 2024 adalah kehadiran tiga Ratu Dunia. Mereka adalah Andrea Valentina Rubio Armas (Miss International 2023) dari Venezuela, Andrea Victoria Aguilera (Miss Supranational 2023) dari Ekuador, dan Luma Russo (Miss Charm 2023 dari Brasil). 

Miss International 2023, Andrea Valentina Rubio Armas, mengaku sangat terhormat dan beruntung bisa menyaksikan secara langsung penobatan Puteri Indonesia 2024. Dia pun telah berjumpa dengan para finalis.

"Semua perempuan cantik ini, mereka sangat bersemangat. Mereka telah melakukan banyak pengorbanan dan sudah bekerja keras untuk sampai di sini. Saya belajar banyak dari ajang ini," ungkap Armas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement