Jumat 08 Mar 2024 12:28 WIB

Ibu dan Anak Tewas Usai Santap Ikan Buntal, Ini Bagian yang Paling Beracun

Diperlukan keahlian khusus untuk mengolah ikan buntal agar tidak keracunan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Ikan buntal/fugu fish. Diperlukan keahlian khusus dalam mengolah ikan buntal agar tidak keracunan saat mengonsumsinya.
Foto:

Menurut executive head chef Takanori Kurokawa yang sudah memiliki lisensi untuk mengolah ikan buntal selama 12 tahun, ada beberapa bagian pada ikan buntal yang harus dibuang karena memiliki racun yang sangat tinggi yaitu bagian organ hati dan ovarium. Bila pisau chef mengenai organ-organ tersebut dalam proses pengangkatan, racunnya bisa bocor keluar dan menyerap ke dalam daging ikan. Dalam kondisi ini, daging ikan buntal tak bisa disajikan.

Racun yang relatif tinggi juga ditemukan pada bagian testis. Kurokawa mengatakan bagian ini umumnya tak dikonsumsi oleh orang-orang Jepang di Tokyo dan Osaka.

Namun di beberapa wilayah lain, bagian testis dari ikan buntal ini tetap disantap. Testis ikan buntal harus diolah seperti acar dan didiamkan sampai satu tahun sebelum bisa dihidangkan. Proses pengacaran ini bertujuan untuk melarutkan racun dari testis ikan buntal.

"Meski begitu, saya tidak setuju dengan konsumsi bagian (testis) ini dan tak akan merekomendasikannya kepada orang lain," tutur Kurokawa.

Selain daging, bagian lain dari ikan buntal yang juga dapat dimakan adalah telurnya. Telur ikan buntal memiliki tekstur lembut dan rasa yang creamy. Di Jepang, telur ikan buntal umumnya disajikan dengan cara dijadikan tempura atau dibakar.

Akan tetapi, telur ikan buntal harus diacar terlebih dahulu selama tiga tahun sebelum bisa diolah menjadi hidangan. Di prefektur Ishikawa, Jepang, hanya ada sekitar 10 usaha rumah makan yang memiliki lisensi untuk menyajikan hidangan dengan telur ikan buntal.

Kulit ikan buntal juga bisa diolah untuk menjadi campuran minuman. Di Jepang, kulit ikan buntal yang sudah dibersihkan akan dikeringkan dan sedikit dipanggang. Setelah itu, kulit ikan buntal ini akan dimasukkan ke dalam sake untuk membuat minuman bernama Hirezake.

Sebagian besar kematian terjadi karena....

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement