Jumat 08 Mar 2024 10:24 WIB

Limelight, Satu-satunya Oscar Charlie Chaplin yang Diperoleh 20 Tahun Setelah Dirilis

Tidak ada yang bisa menebak mengapa Oscar akhirnya diberikan pada Chaplin.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Poster Film Limelight
Foto:

Meskipun awalnya dirilis di New York City pada tahun 1952, film tersebut baru diluncurkan secara luas di Amerika pada tahun 1972, terutama karena bioskop tidak ingin menayangkan film tersebut karena tuduhan Komunis Chaplin. 

Mengapa film ini tidak masuk nominasi Oscar hingga 20 tahun? Sebab Oscar memiliki ketentuan bahwa, untuk memenuhi syarat Oscar, film tersebut harus ditayangkan di enam negara berbeda di Amerika, termasuk New York dan Los Angeles.

Tidak ada yang bisa menebak mengapa Oscar pada akhirnya memberi Chaplin penghargaan untuk Skor Terbaik, namun kemungkinan besar Akademi berusaha untuk menebusnya kepada Chaplin. Karena ini adalah satu tahun setelah mereka memberinya Oscar Kehormatan atas kariernya sebagai permintaan maaf soal perlakuan Hollywood dekade yang lalu. 

Terlepas dari itu, film tersebut tetap menjadi batu penjuru terakhir dalam karier salah satu artis paling serbaguna yang pernah dimiliki medium tersebut. Mengingat itu adalah sebuah film yang sangat mirip dengan diri aslinya, Chaplin pasti merasa seperti dirinya memenuhi impian Calvero dan membuat penonton kembali tersenyum. Limelight tersedia secara streaming di Max di AS. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement