Selasa 27 Feb 2024 15:31 WIB

Film Korea Exhuma Catat Rekor, Akting Kim Go-eun dan Lee Do-hyun Dipuji Kritikus

Exhuma mendapatkan skor pembukaan tertinggi untuk film yang dirilis di Korea.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Exhuma. Film Exhuma memecahkan rekor industri film Korea Selatan.
Foto: Dok. Showbox
Salah satu adegan di film Exhuma. Film Exhuma memecahkan rekor industri film Korea Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sinema thriller misteri Exhuma telah menggemparkan industri film Korea. Empat hari setelah dirilis pada 22 Februari 2024, per 26 Februari 2024 jumlah penonton kumulatif Exhuma tercatat sebanyak 2.299.729 orang.

Sebelumnya, Dewan Film Korea melaporkan pada 24 Februari 2024 bahwa film Exhuma telah melampaui satu juta penonton. Artinya, pencapaian itu diraih dalam waktu kurang dari tiga hari, mengungguli pemegang rekor sebelumnya, film 12.12: The Day pada 2023.

Baca Juga

Dikutip dari laman Koreaboo, Selasa (27/2/2024), Exhuma dirilis di 2.086 layar, mendapatkan skor pembukaan tertinggi untuk film yang dirilis di Korea dengan pendapatan kotor awal 2.369.404 dolar AS. Itu setara dengan Rp 37,08 miliar. 

Pada akhir pekan pembukaannya, Exhuma telah mengumpulkan pendapatan kotor akhir pekan sebesar 14.455.880 dolar AS (Rp 226,27 miliar). Pendapatan itu mengukuhkan posisinya di puncak box office akhir pekan Korea, dan terus bertambah. 

 

Kritikus juga memuji film tersebut, terutama chemistry antara dua pemeran utamanya, aktris Kim Go-eun dan aktor Lee Do-hyun. Kim Go-eun berperan sebagai pengusir setan bernama Hwa-rim, sedangkan Lee Do-hyun berperan sebagai pengusir setan lain bernama Bong-gil. 

Bersama beberapa sosok lain, keduanya berupaya merelokasi kuburan misterius demi mendapatkan hadiah menguntungkan. Narasi film ini memang merangkai unsur-unsur perdukunan Korea, okultisme, dan aspek supernatural.

Exhuma yang juga dibintangi aktor kawakan Yoo Hae-jin dan Choi Min-sik dinilai kritikus menghadirkan kisah yang memikat berkat perpaduan unik antara ketegangan, horor, dan kedalaman budaya. Selain pengalaman sinematik itu, para pemerannya juga menampilkan akting yang kuat.

Setelah film dirilis, perhatian tentunya tertuju pada Kim Go-eun dan Lee Do-hyun. Menanggapi kesuksesan film Exhuma dan harapan penggemar akan adanya spin-off yang menampilkan karakter mereka, aktris Kim Go-eun menyatakan terbuka untuk kemungkinan tersebut. 

"Mungkin karena chemistry antara Bong-gil dan saya bagus. Itu (film spin-off) akan sangat menarik. Sutradara Jang Jae-hyun harus menulisnya agar hal itu terjadi," ujar Kim Go-eun, seperti dikutip dari laman KBI Zoom.

Saat ini Lee Do-hyun sedang menjalani wajib militer, namun sengaja mengambil cuti untuk menonton Exhuma. Kim Go-eun berkata, dia menerima pesan dari Lee Do-hyun yang berisi ucapan terima kasih karena telah berakting bersama, yang dibalas sang aktris dengan ucapan terima kasih kembali.

Lee Do-hyun memanggil Kim Go-eun dengan sebutan "kak". Secara usia, aktor tersebut memang lebih muda, yakni 28 tahun, sementara Kim Go-eun berumur 32 tahun. Selain itu, dalam film, tokoh Bong-gil yang diperankan Lee Do-hyun adalah "murid" dari karakter Kim Go-eun, Hwa-rim. 

"Kami berdua jelas merupakan guru dan murid. Sutradara mengatakan kepada kami bahwa Bong-gil adalah murid yang harus memperlakukan saya dengan hormat. Dukun terkadang malah memiliki guru yang lebih muda. Ada banyak murid yang memperlakukan gurunya dengan hormat," kata Kim Go-eun.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement