Ahad 25 Feb 2024 07:24 WIB

Ini Destinasi Paling Berbahaya Menurut Wisatawan, Pernah ke Sana?

Banyak wisatawan yang berkunjung tanpa menggunakan peralatan yang memadai.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Pantai di Selandia Baru. Ini destinasi wisata paling berbahaya menurut wisatawan.
Foto: Tamzin Henderson via AP
Pantai di Selandia Baru. Ini destinasi wisata paling berbahaya menurut wisatawan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mencari tahu destinasi wisata yang terbaik dan terburuk bisa dilakukan dengan bertanya pada mereka yang sudah pernah bertandang ke sana. Para pelancong mengungkap destinasi-destinasi wisata paling berbahaya di dunia yang jadi perbincangan di forum Reddit untuk.

Pengguna Reddit byu/Catwinky memulai percakapan dengan mengajukan pertanyaan "Negara manakah yang tidak tampak berbahaya, namun sebenarnya berbahaya?" dan segera mendapatkan berbagai jawaban menarik. Deretan jawaban itu jujur disampaikan pelancong.

Baca Juga

Dikutip dari laman D'Marge, Sabtu (24/2/2024), beberapa jawaban menyebut negara yang selama ini terkenal dengan suasananya yang damai, namun ternyata memiliki sisi gelap yang tersembunyi. Salah satunya adalah Norwegia.

"Setiap tahunnya cukup banyak wisatawan yang meninggal di sini karena meremehkan alam. Orang-orang datang ke sini untuk mengambil foto-foto menakjubkan seperti yang pernah mereka lihat secara online dan kemudian tidak menyadari bahwa Anda memerlukan pakaian/peralatan yang sesuai dan sebaiknya tidak mengambil foto selfie di tepi jurang," ujar pengguna Reddit f******dontmatter.

 

Jawaban berperingkat teratas lainnya mengikuti kondisi serupa, yang beberapa menyebut Australia karena memiliki pantai-pantai yang sebenarnya sangat berbahaya bagi pelancong. Masalahnya, banyak turis Eropa yang berkendara melintasinya tanpa persiapan yang memadai.  

"Hal-hal itu sangat mendasar, seperti tidak tahu apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat dan tidak membawa cukup persediaan air. Ini bukan lelucon. Orang-orang meninggal di sepanjang waktu dan suhunya bisa melebihi 40 derajat Celsius dan masih ada ratusan kilometer sebelum Anda dapat bertemu seseorang jika terjadi hal darurat," kata pemilik akun bw8***.

Negara tetangga Australia, Selandia Baru, juga disebut salah satu yang menyimpan bahaya tersembunyi. Namun, itu bukan karena suhu tinggi atau hewan yang mengancam jiwa seperti serangga, ular, dan lainnya yang mematikan, melainkan ada lubang di lapisan zona O negara tersebut.  

"Orang kulit putih akan terbakar sinar matahari dalam waktu 30 menit di musim panas tanpa perlindungan. Kulit saya terbakar hanya dalam waktu 15 menit. Jika saya menghabiskan sepanjang hari di bawah sinar matahari tanpa perlindungan, saya berani bertaruh kulit saya akan terkelupas," ucap pengguna Reddit branko***.

Destinasi wisata berbahaya lain yang disebutkan para pelancong global itu adalah Asia Tenggara, khususnya jika menjelajahinya sebagai backpacker. Dua negara yang jadi perhatian adalah Thailand dan Vietnam. 

"Lalu lintas di Thailand dan Vietnam. Salah satu tingkat kematian lalu lintas tertinggi di dunia," tutur TypicalPenalty***.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement