Jumat 23 Feb 2024 14:13 WIB

Fakta Shah Rukh Khan: Meski Sempat tak Baca Naskah, Filmnya Meledak di Pasaran

Di balik kesuksesannya sebagai aktor, ada beberapa fakta unik dari Shah Rukh Khan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Shah Rukh Khan. Ada beberapa fakta menarik Shah Rukh Khan yang perlu diketahui penggemar.
Foto: EPA
Shah Rukh Khan. Ada beberapa fakta menarik Shah Rukh Khan yang perlu diketahui penggemar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Shah Rukh Khan masuk dalam jajaran aktor top di Bollywood. Dia banyak memainkan peran romantis di film ataupun dari adegan aksi yang menarik.

Di layar, Shah Rukh Khan kerap dianggap memancarkan karisma dengan gerakan antusias dan sorotak mata yang ekspresif. Namun, ia juga dikagumi di luar layar berkat sifat pekerja keras dan murah hatinya.

Baca Juga

Di balik kesuksesannya sebagai aktor, ada beberapa fakta unik lain dari bintang Bollywood berusia 58 tahun tersebut, seperti dilansir dari Borgenmagazine, Jumat (22/2/2024):

1. Nama asli Abdul Rashid Khan

 

Shah Rukh Khan disebut tidak terlahir dengan nama tersebut. Dikabarkan bahwa nenek dari pihak ibu memberinya nama Abdul Rashid Khan, mengungkapkan aspek menarik dari sejarah pribadinya.

2. Spontan menerima tawaran film 

Salah satu film paling populer dalam karire Shah Rukh Khan adalah Dilwale Dulhania Le Jayenge. Tapi tahukah Anda, saat menandatangani film itu, dia bahkan tidak sempat membaca naskahnya. Dia begitu terpikat oleh pesona Aditya Chopra sehingga menerimanya begitu saja.

3. Menyukai nama Rahul

Shah Rukh Khan sangat menyukai nama Rahul. Dia telah menggunakan nama ini di sembilan film hingga sekarang. Beberapa filmnya adalah Darr, Zamaana Dewaana, Yes Boss, Dil toh pagal hai, Kuch Kuch Hota Hai, Chennai Express, dan sebagainya.

4. Menghindari es krim

Shah Rukh Khan punya visual manis dan menawan, namun ternyata tidak suka makanan manis seperti es krim dan sudah melakukannya sejak kecil. Terkait seleranya ini pernah diungkapkan kepada para penggemarnya.

5. Anak dari pejuang kemerdekaan

Shah Rukh Khan lahir pada 1965 di New Delhi, India. Ayahnya, Meer Taj Mohammed Khan, adalah salah satu pejuang kemerdekaan termuda di India, yang berjuang untuk kemerdekaan India. 

6. Investor 

Pada 2009, dengan berinvestasi dalam proyek listrik tenaga surya, Shah Rukh Khan membantu memberikan penerangan ke tujuh desa Odisha. Hal ini memberikan manfaat bagi 270 keluarga, memberi mereka akses terhadap lampu tenaga surya yang harganya sekitar empat sen (tiga rupee) serta stasiun pengisian ulang. 

7. Penghargaan UNESCO

Pada 10 November 2011, Shah Rukh Khan menjadi orang India pertama yang memenangkan penghargaan khusus UNESCO, penghargaan Pyramide con Marni, atas kegiatan amalnya.

8. Pejuang hak perempuan

Pada 2013, Shah Rukh Khan mendirikan MEER Foundation untuk mengenang mendiang ayahnya, Meer Taj Mohammed Khan. Tujuan yayasan ini adalah untuk mendukung dan memberdayakan perempuan, terutama mereka yang menderita serangan asam, yang mempengaruhi sekitar 1.500 perempuan setiap tahunnya. Pada 2018, Forum Ekonomi Dunia memberinya penghargaan Crystal Award tahunan atas kontribusinya dalam mendorong hak-hak perempuan dan anak-anak di India.

9. Dermawan

Di tengah banjir Uttarakhand pada tahun 2013, Shah Rukh Khan menyumbangkan Rs 33 lakh (sekitar 40.482 dolar AS) untuk korban banjir. Shah Rukh Khan memberikan 122.671 dolar AS kepada korban banjir Chennai pada 2015. 

10. Punya tim olahraga

Pada tahun 2014, tim kriket Shah Rukh Khan Kolkata Knight Riders memenangkan Musim Liga Premium India. Dia menyumbangkan semua uangnya yang dihasilkan untuk pasien kanker di Kolkata dan Mumbai, menurut India Times. Masih banyak lagi aksi donasi yang dilakukan sehingga ia dianggap sebagai public figure yang dermawan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement