Rabu 21 Feb 2024 10:17 WIB

Film Terbaik Shah Rukh Khan dengan Rating Tertinggi, Ada yang Capai 100 Persen

Shah Rukh Khan telah berkarier selama lebih dari 3 dekade di industri perfilman.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Shah Rukh Khan. Ada beberapa film terbaik Shah Rukh Khan yang memiliki rating tertinggi.
Foto: EPA
Shah Rukh Khan. Ada beberapa film terbaik Shah Rukh Khan yang memiliki rating tertinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor India Shah Rukh Khan dijuluki sebagai Raja Bollywood. Dia adalah seorang legenda sinematik sejati yang penuh pesona. Bakat dan energinya menular ke penonton dan berhasil memenangkan hati jutaan orang di seluruh dunia.

Sepanjang kariernya yang termasyhur selama lebih dari tiga dekade, Khan dikenal karena penampilannya yang karismatik dan gerakan tariannya yang adiktif, yang melampaui batas-batas bahasa dan budaya. Film-film Khan tidak hanya menghibur tetapi juga menginspirasi generasi penggemar dan aktor India, dengan kisah-kisah penting dan karakter mereka yang tak terlupakan.

Baca Juga

Apa yang membedakan Khan bukan hanya kehebatan aktingnya tetapi juga hubungannya yang tak tertandingi dengan para penggemarnya. Penggemarnya akan berkemah di luar rumahnya untuk melihat aktor tersebut menyambut mereka.

Setelah jeda selama empat tahun, Khan merilis tiga film pada 2023, yang semuanya menjadi film terlaris dalam kariernya. Dilansir laman Collider, berikut ini merupakan 10 film terbaik Shah Rukh Khan berdasarkan peringkatnya:

 

1. Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995)

Disutradarai oleh Aditya Chopra (putra Yash Chopra), Dilwale Dulhania Le Jayenge atau dikenal DDLJ memiliki skor Tomatometer 100 persen dan 94 persen dari penonton di Rotten Tomatoes. Film ini merupakan drama romantis abadi yang menceritakan Raj dan Simran yang jatuh cinta selama perjalanan ke Eropa, dan harus memenangkan hati ayah Simran untuk menyetujui cinta mereka.

Bertempat di Eropa dan India, film ini memikat penonton dengan alur cerita yang menawan dan musik yang mengesankan. Pasangan ikonik Shah Rukh Khan dan Kajol semakin menjadikan film ini sebagai film klasik Bollywood yang sesungguhnya. 

Penonton yang terbiasa dengan film-film Hollywood mungkin akan menemukan wajah familier dalam diri ayah Simran, yang diperankan oleh Amrish Puri yang membintangi Indiana Jones dan Temple of Doom.

Kritikus memuji film ini karena perpaduan sempurna antara romansa, drama, dan humor, memuji daya tarik universal dan relevansinya yang bertahan lama. Penggambaran Khan sebagai Raj, kekasih yang menawan dan karismatik, memikat hati dan menetapkan standar romansa yang tinggi di layar. 

Pengaruh film ini belum ada yang menandingi, dibuktikan dengan adegan kereta api ikonik di bagian klimaks yang telah ditiru dan diparodikan berkali-kali, termasuk di Chennai Express milik Khan pada 2013. Film ini memegang rekor sebagai film dengan durasi terpanjang di India.

2. Swades (2004) 

Swades mengantongi rating 88 persen dari kritikus dan 91 persen dari penonton. Film ini mengisahkan Mohan Bhargav, seorang ilmuwan NASA asal Amerika yang kembali ke tanah airnya dan terinspirasi untuk melakukan perubahan positif di desanya. Melalui perjalanannya, Mohan menghadapi permasalahan sosial dan menemukan arti sebenarnya dari rasa memiliki.

Disutradarai oleh Ashutosh Gowariker, yang filmnya Lagaan dinominasikan untuk Oscar, mengeksplorasi identitas pribadi dan nasional dengan latar belakang tanggung jawab sosial dan patriotisme. Meskipun gagal dalam penayangan box office, film ini telah mendapatkan pujian di kalangan kritikus dan penonton. Film ini dianggap sebagai salah satu film terbaik Shah Rukh Khan karena menampilkannya dalam penampilan yang bernuansa khas. 

Film ini sangat disukai oleh para penonton karena penggambarannya yang menyentuh tentang perjalanan seorang non-residen India untuk kembali ke tempat asalnya. Pesannya yang kuat memperkuat film ini sebagai sebuah entri penting dalam sinema India.

BACA JUGA: Muncul Rumor Film Avatar 3 Berdurasi 9 Jam, Sutradara Buka Suara

Nomor 3...lanjutkan membaca>>

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement