Jumat 23 Feb 2024 00:46 WIB

Rekomendasi Film Musisi dengan Rating Tertinggi Versi Kritikus

Tak terhitung banyaknya film biopik mengenai musisi-musisi dunia..

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Whats Love Got to Do With It?. Ini menjadi salah satu film biopik yang telah dibuat mengenai musisi-musisi dunia dengan rating tertinggi.
Foto: Dok. StudioCanal UK
Salah satu adegan di film Whats Love Got to Do With It?. Ini menjadi salah satu film biopik yang telah dibuat mengenai musisi-musisi dunia dengan rating tertinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di balik beragam lagu yang menemani keseharian hidup banyak orang, terkadang tersimpan kisah kehidupan yang tak biasa dari sang musisi yang mempopulerkannya. Kisah hidup para musisi ini sering kali diabadikan dalam karya film biopik yang penuh tragedi hingga menginspirasi.

Hingga saat ini, tak terhitung banyaknya film-film biopik yang telah dibuat mengenai musisi-musisi dunia. Melalui film-film ini, para penggemar musik bisa menyelami lebih dalam kehidupan para musisi yang selama ini mereka nikmati karyanya.

Baca Juga

Dari beragam film-film biopik mengenai musisi yang telah diproduksi, ada lima judul film terbaik yang tak lekang oleh waktu. Berikut ini adalah lima film biopik musisi terbaik sepanjang masa menurut kritikus Rotten Tomatoes, seperti dikutip dari laman resminya pada Kamis (22/2/2024):

1. What's Love Got to Do With It? (1993)

 

photo
Salah satu adegan di film Whats Love Got to Do With It?. - (Dok. StudioCanal UK)

 

Film ini berkisah mengenai kehidupan penyanyi soul legendaris, Tina Turner, yang memiliki nama asli Anna Mae Bullock. Kecintaan Tina terhadap bernyanyi mulai tumbuh ketika bergabung dalam kelompok paduan suara di gereja.

Kecintaannya terhadap bernyanyi mendorong Tina untuk pindah ke St Louis demi mengejar karier sebagai penyanyi. Di kota inilah, Tina bertemu dengan sosok karismatik Ike Turner yang mengubah namanya dari Anna menjadi Tina dan membantunya meraih kesuksesan. Di saat Tina mulai mendulang popularitas dan merajai tangga-tangga lagu, kekerasan fisik yang dilakukan oleh Ike terhadapnya semakin memburuk.

Konsensus kritikus menyatakan bahwa What's Love Got to Do With It? merupakan film biopik yang tak boleh dilewatkan. Selain jalan ceritanya yang menawan, performa Angela Basset sebagai Tina dan Laurence Fishburne sebagai Ike juga sangat memukau. Film yang disutradarai oleh Brian Gibson ini memeroleh rating 97 persen di Rotten Tomatoes.

2. The Pianist (2002)

photo
Salah satu adegan di film The Pianist. - (Dok. Universal Pictures)

 

Film garapan Roman Polanski ini diadaptasi dari buku autobiografi The Pianist: The Extraordinary True Story of One Man's Survival in Warsaw, 1939-1945. Film ini berkisah mengenai seorang pianis keturunan Polandia-Yahudi, Wladyslaw Szpilman, yang kehidupannya berubah perlahan saat Perang Dunia II dimulai.

Szpillman dipaksa untuk masuk ke dalam pemukiman khusus Yahudi yang didirikan oleh Nazi Jerman, Ghetto Warsawa. Dia juga harus terpisah dari keluarganya saat Operasi Reinhard berlangsung. Sejak saat itu hingga tahanan Yahudi dari kamp konsentrasi dibebaskan, Szpilman harus bertahan hidup dengan bersembunyi di berbagai lokasi reruntuhan kota Warsaw, Polandia.

Film ini dibintangi oleh Adrien Brody, Thomas Kretschmann, Frank Finlay, dan Maureen Lipman. Para kritikus Rotten Tomatoes memberikan rating 95 persen untuk The Pianist.

3. Blaze (2018)

photo
Salah satu adegan di film Blaze. - (Dok. IFC Films)

 

Film ini menyoroti kehidupan musisi country bernama Blaze Foley. Blaze merupakan pahlawan tanpa tanda jasa di balik gerakan Texas Outlaw Music yang menginspirasi Merle Haggard dan Willie Nelson.

Blaze secara piawai merangkum perjalanan hidup dan karier Foley hingga penampilan dan rekaman terakhirnya sebagai musisi. Film yang disutradarai oleh aktor Ethan Hawke ini menggandeng sejumlah aktor dan aktris berbakat seperti Ben Dickey, Alia Shawkat, Charlie Sexton, dan Josh Hamilton. Film ini juga menandai penampilan terakhir musisi dan aktor Kris Kristofferson sebelum pensiun. Film ini memeroleh rating Rotten Tomatoes 95 persen.

4. Funny Girl (1968)

photo
Salah satu adegan di film Funny Girl. - (Dok. Columbia Pictures)

 

Drama musikal klasik ini menghadirkan kisah yang pahit sekaligus manis dari kehidupan penyanyi dan komedian Fanny Brice. Fanny memulai kariernya dengan melakoni peran-peran kecil di panggung teater. Seiring waktu, Fanny berhasil meraih popularitas besar sebagai bintang Broadway.

Kemampuan bernyanyi dan talenta komedi Fanny yang menonjol membuatnya diapresiasi oleh impresario teater, Florenz Ziegfeld. Sayangnya, kehidupan pribadi Fanny bersama suaminya Nick Arnstein tidak semulus perjalanan kariernya.

Film yang dibintangi oleh Barbra Streisand, Omar Sharif, Walter Pidgeon, dan Kay Medford ini digarap oleh William Wyler. Film ini mendapatkan rating 94 persen dari kritikus Rotten Tomatoes.

5. Amadeus (1984)

photo
Salah satu adegan di film Amadeus. - (Dok. Warner Bros)

 

Film ini menampilkan kehidupan komposer asal Wina berbakat, Wolfgang Amadeus Mozart, di kala muda. Secara tak terduga, Wolfgang bertemu dengan rivalnya yang disiplin dan bertekad kuat, Antonio Salieri.

Antonio menyimpan kebencian besar terhadap Wolfgang, karena gaya hidupnya yang hedonis dan talentanya yang tak tertandingi. Rasa benci ini membuat Antonio dikuasai oleh rasa cemburu hingga terobsesi untuk menjatuhkan Wolfgang. Tanpa disadari, skema licik yang dilakukan oleh Antonio membawa konsekuensi mengerikan bagi dirinya dan juga Wolfgang.

Film yang disutradarai oleh Milos Forman ini turut menggandeng bintang berbakat seperti F Murray Abraham, Tom Hulce, Jeffrey Jones, dan juga Elizabeth Berridge. Kritikus Rotten Tomatoes memberikan rating 89 persen untuk Amadeus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement