Selasa 13 Feb 2024 19:37 WIB

Kanker Rongga Mulut Dapat Menyebar ke Leher, Ketahui Gejala Awalnya

Sel kanker rongga mulut bisa tumbuh tak terkendali.

Pria menjulurkan lidahnya (ilustrasi). Periksakan rongga mulut sebulan sekali sebagai langkah deteksi dini kanker rongga mulut.
Foto:

Dokter Gunawan menganjurkan pelaksanaan upaya deteksi dini dengan cara memeriksakan rongga mulut ke ahli medis satu kali dalam sebulan. Ini penting untuk mengecek adanya luka dan bercak pada bagian rongga mulut.

"Jadi, secara berkala satu bulan sekali atau setiap tanggal ulang tahun, setiap bulan kita memeriksa kondisi di dalam rongga mulut kita, ada atau tidak misalkan luka atau sariawan yang tidak sembuh," kata alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu.

Selain itu, cek juga ada atau tidak bercak keputihan yang sebelumnya tidak ada sekarang ada dan kemudian meluas. Dokter Gunawan mengatakan, gejala penyakit ini dapat berupa benjolan pada area leher.

"Jadi banyak masyarakat yang datang karena benjolan di lehernya, tapi ternyata setelah diperiksa ada lesi (kerusakan atau ketidaknormalan) atau sesuatu di rongga mulutnya," jelasnya.

Dokter Gunawan menyampaikan bahwa menghindari kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat membantu mencegah munculnya kanker rongga mulut. Demikian juga dengan mengunyah sirih.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement