Selasa 13 Feb 2024 07:34 WIB

Screen Time Bikin Ketegangan Mata Digital, Tips Atasi Dampaknya

Saat bekerja di depan layar, pastikan aturan 20-20-20 terpenuhi.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Seseorang bekerja dengan laptop. Untuk menghindari mata lelah, gunakan metode 20-20-20.
Foto:

2. Sesuaikan Kecerahan

Kecerahan layar memainkan peran penting dalam kenyamanan mata. Sesuaikan kecerahan perangkat agar sesuai dengan lingkungan sekitar, hindari kecerahan berlebihan dan rendah yang dapat membebani mata Anda. Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan mode gelap atau malam di malam hari untuk mengurangi paparan cahaya biru, yang dikaitkan dengan gangguan pola tidur.

3. Berkedip dan Kelembapan Mata

Berkedip, yang sering diabaikan, sangat penting untuk menjaga kelembapan mata. Waktu menatap layar yang lebih lama dapat menyebabkan berkurangnya frekuensi berkedip, sehingga menyebabkan mata kering dan iritasi. Oleh karena itu, berusahalah untuk berkedip secara teratur agar mata Anda tetap terlumasi. Jika perlu, gunakan air mata buatan yang direkomendasikan oleh ahli kesehatan untuk mengurangi kekeringan yang berkepanjangan.

4. Kualitas Layar 

Pilih layar resolusi tinggi dengan teknologi anti-silau untuk meminimalkan ketegangan mata. Filter anti-silau dapat ditambahkan ke layar yang ada, sehingga mengurangi pantulan dan silau. Selain itu, pemeriksaan mata secara teratur sangat penting untuk mengatasi masalah penglihatan yang mendasarinya dengan segera. Santi Sopia

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement