Selasa 13 Feb 2024 04:04 WIB

Jangan Langsung Rapikan Tempat Tidur Begitu Bangun Pagi, Ini Bahayanya Menurut Dokter

Kapan waktu terbaik untuk merapikan tempat tidur?

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Tempat tidur (Ilustrasi). Membereskan kasur setelah bangun tidur bisa memicu kondisi yang tak diinginkan.
Foto: Needpix
Tempat tidur (Ilustrasi). Membereskan kasur setelah bangun tidur bisa memicu kondisi yang tak diinginkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang punya kebiasaan langsung merapikan tempat tidur saat terbangun di pagi hari. Namun, seorang dokter malah menyarankan untuk tidak melanjutkan kebiasaan itu, sebab bisa membahayakan kesehatan.

Bagaimana bisa? Lewat akun TikTok @doctorsood, Sood menjelaskan alasan di balik sarannya untuk tidak langsung membereskan tempat tidur saat terjaga. Menurut Sood, sebaiknya memberikan jeda beberapa waktu setelah terjaga. Soalnya, dari sudut pandang medis, langsung membereskan tempat tidur bisa memicu kondisi yang tak diinginkan.

Baca Juga

"Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan Anda berbagi tempat tidur dengan tungau debu, bakteri, dan jamur," ujar Sood, dikutip dari laman Express, Senin (12/1/2024).

Sood menjelaskan, tungau debu adalah hama kecil yang tertarik pada sel-sel kulit mati di tempat tidur dan cenderung muncul di kamar tidur dengan tingkat kelembapan tinggi. Disampaikan Sood, tungau debu tumbuh subur di ruangan gelap dan lembap.

 

Sementara itu, hampir semua orang berkeringat saat tidur. Ketika seseorang langsung membereskan tempat tidur saat bangun di pagi hari, sama saja dengan mengunci kelembapan setelah tidur itu di seprai, selimut, bantal, guling, atau berbagai permukaan tempat tidur.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement