Ahad 11 Feb 2024 14:46 WIB

BTS dan Blackpink 'Diperbudak' Agensi Kata Media Korea Utara, Warganet Bereaksi

Laporan lawas media Korea Utara soal artis K-pop kembali mencuat di forum daring.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
BTS menerima penghargaan Artist of the Year di MAMA Awards 2018. Media Korea Utara menyebut BTS seperti diperbudak oleh agensinya.
Foto: Dok. MAMA/Mnet
BTS menerima penghargaan Artist of the Year di MAMA Awards 2018. Media Korea Utara menyebut BTS seperti diperbudak oleh agensinya.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Sebuah laporan lama dari media Korea Utara yang mengkritik perlakuan terhadap grup idola Korea Selatan seperti BTS dan Blackpink telah kembali mencuat di komunitas daring hingga memicu perdebatan. Laporan yang awalnya dipublikasikan oleh Arirang Meari pada 2021 itu menuduh bahwa para idola ini diperlakukan seperti "budak" oleh perusahaan hiburan besar Korea Selatan, termasuk SM Entertainment, karena tuntutan kerja keras yang mereka hadapi.

Dilansir Koreaboo pada Ahad (11/2/2024), laporan tersebut mendapat perhatian baru setelah diunggah di sebuah forum daring yang populer, TheQoo, dan telah menarik lebih dari 35 ribu tampilan. Arirang Meari menuduh bahwa para idola ini terikat kontrak eksklusif sejak usia muda, diisolasi dari dunia luar, dan menjalani jadwal pelatihan ketat yang hanya memberi mereka sedikit waktu tidur.

Baca Juga

Lebih lanjut, laporan tersebut mengeklaim bahwa sebagian besar pendapatan para idola itu diambil oleh perusahaan untuk biaya pelatihan. Warganet Korea Selatan memberikan tanggapan beragam terhadap tuduhan tersebut, dengan beberapa mengkritik dan mencemooh klaim laporan tersebut.

Banyak yang menunjukkan pada pendapatan besar yang diperoleh oleh para idola K-pop sebagai bukti bahwa klaim tentang kondisi mereka tidak beralasan. Beberapa bahkan secara bercanda menyatakan keinginan untuk menjadi "budak" jika itu berarti mencapai tingkat kesuksesan finansial yang sama dengan para bintang top industri ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement