Kamis 08 Feb 2024 22:05 WIB

Ssst... Ternyata Ini Rahasia Sehat Ala Warga Prancis

Warga Prancis banyak melakukan aktivitas fisik.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ani Nursalikah
Sejumlah pengunjung saat menikmati makan siang di teras restoran Chez Francis, Paris, Prancis.
Foto:

3. Makan dengan penuh kesadaran

Warga Prancis, utamanya kaum hawa, dikenal menerapkan pola makan moderat serta sangat pemilih soal makanan. Namun, pilihan yang dimaksud adalah selektif dalam memastikan hidangan terdiri dari makanan yang beragam, bukan menghindari makanan tertentu.

Pakar gizi Lily Soutter mengatakan, warga Prancis juga selalu makan dengan penuh kesadaran, termasuk saat mengunyah dan mencicip rasa dengan lidah. "Makan secara sadar membuat Anda merasa lebih puas dengan apa yang disantap dan mengurangi kemungkinan makan berlebihan," kata Soutter.

4. Alur hidup lambat

Sebenarnya, poin ini tak bisa serta-merta digeneralisasi. Namun, para pengamat menganggap aman untuk menyebut warga Prancis sangat senang menikmati waktunya secara optimal sehingga terkesan alur harian mereka cukup lambat.

Misalnya, sebagian warga Prancis senang menghabiskan waktu makan siang dengan bersantap bersama keluarga, teman, atau kolega hingga tiba waktu sore hari. Momen bersantai itu amat penting untuk kesehatan. Sebab, tubuh tidak dirancang untuk selalu stres dan terburu-buru sepanjang waktu.

5. Menghargai masakan rumahan

Di Prancis, seni memasak dan beragam keterampilan kuliner sangat diapresiasi. Ada stereotipe bahwa warga Prancis mahir di dapur. Banyak pula gerai makanan di Prancis yang menekankan pada aktivitas memasak seperti di dapur ala rumahan dan tentunya menyediakan makanan sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement