Senin 29 Jan 2024 17:57 WIB

Bagaimana Prosedur Pengangkutan Jenazah di Pesawat? Video Viral Ini Menggambarkannya

Ada beberapa langkah yang diperlukan sebelum mengirim jenazah melalui udara.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Sebuah video yang dibagikan oleh akun TikTok @islandvib33 menjadi viral di media sosial, menunjukkan dua petugas bandara tengah mengangkut peti berisi jenazah.
Foto:

Sebetulnya, bagaimana sebenarnya aturan pengangkutan jenazah di AS? National Funeral Directors Association (NFDA) menjelaskan, ada beberapa langkah yang diperlukan, melibatkan berbagai pemangku kepentingan untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan internasional dan nasional.

Menurut NFDA, rumah duka memainkan peran penting dalam proses yang kompleks itu. Rumah duka juga harus terdaftar sebagai "pengirim yang dikenal" pada setiap maskapai penerbangan yang mereka gunakan untuk mengirimkan jenazah, karena setiap maskapai bisa saja memiliki prosedur berbeda.

Situs web Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS (CBP) menjelaskan aturan untuk jenazah manusia yang dimaksudkan untuk dimakamkan atau dikremasi di AS. Jenazah harus disertai dengan sertifikat kematian yang menyatakan penyebab kematiannya.

Petugas CBP akan memeriksa sertifikat kematian dan memastikan bahwa jenazah dikirim sesuai dengan persyaratan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). "Jika persyaratan CDC tidak dipenuhi, CBP akan menahan peti mati dan menghubungi stasiun karantina yang sesuai untuk mendapatkan instruksi," kata CBP.

Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) menyebut perlunya praktik yang baik dan penuh kasih mengenai proses dan prosedur seputar transportasi jenazah. Untuk kepentingan itu, ada manual transportasi khusus untuk membantu membawa rasa damai kepada keluarga yang sedang berduka.

 

"Pedoman ini bertujuan untuk membantu mitra rantai pasokan, direktur rumah duka, perusahaan ekspedisi, dan maskapai penerbangan dalam penanganan jenazah yang aman dan tepat waktu," tutur IATA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement