Senin 29 Jan 2024 17:57 WIB

Bagaimana Prosedur Pengangkutan Jenazah di Pesawat? Video Viral Ini Menggambarkannya

Ada beberapa langkah yang diperlukan sebelum mengirim jenazah melalui udara.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Sebuah video yang dibagikan oleh akun TikTok @islandvib33 menjadi viral di media sosial, menunjukkan dua petugas bandara tengah mengangkut peti berisi jenazah.
Foto: EPA-EFE/NTSB HANDOUT
Sebuah video yang dibagikan oleh akun TikTok @islandvib33 menjadi viral di media sosial, menunjukkan dua petugas bandara tengah mengangkut peti berisi jenazah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah video yang dibagikan oleh akun TikTok @islandvib33 menjadi viral di media sosial. Tayangan itu menunjukkan petugas bandara sedang mengemas peti persegi panjang berukuran besar ke dalam bagasi pesawat, yang disebut berisi jenazah manusia.

"Memuat apa yang tersisa dari manusia serta koper-koper ke perut pesawat," tulis keterangan pada video yang diambil di Bandara Internasional John F Kennedy di New York City, Amerika Serikat. Dua pekerja tampak mengangkat kotak itu ke ban berjalan dengan berhati-hati, kemudian mendorongnya ke bagian dalam ruang kargo sebuah pesawat.  

Baca Juga

Dilansir laman Newsweek, Senin (29/1/2024), video itu belum diverifikasi secara independen dan pembuat postingan belum menanggapi permintaan komentar. Namun, warganet segera bereaksi pada video yang sudah ditonton lima juta kali itu.

Sebagian terkejut karena peti jenazah diletakkan di penyimpanan yang sama dengan tas-tas lain. Meskipun, tidak ada konfirmasi jelas apakah peti itu benar-benar berisi jenazah atau tidak. Tetap saja, beberapa pengguna TikTok terharu dengan klip viral tersebut. 

Mereka menaruh rasa hormat yang lebih besar terhadap petugas bagasi bandara yang memperlakukan peti dengan sangat hati-hati. Pengguna lain merasa sentimental, mengingat hidup yang sangat singkat dan sedih jika sosok dalam peti adalah keluarganya. 

"Bayangkan dia dulunya adalah orang yang hidup dan bernapas, yang tertawa dan mencintai," ungkap pengguna TikTok Vanes***. 

"Betapa cepatnya kita berpindah dari penumpang ke kargo. Istirahatlah dalam damai," ujar warganet bernama AB***.

Sebagian warganet bahkan bercerita bagaimana keluarga mereka yang meninggal dibawa dengan pesawat.'

"Cara yang sama saat membawa suamiku kembali pulang setelah meninggal dalam liburan di Miami... tidak bisa berkata-kata," kata akun @KaRs***.

"Beginilah caranya membawa ayah saya pulang setelah ia menghembuskan napas terakhir di Atlanta," tulis akun @tian***.

"Begini cara mengirim saudara saya pulang dari Afrika Selatan," kata @MAM***.

Sebenarnya aturan pengangkutan jenazah?

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement