Jumat 26 Jan 2024 16:15 WIB

Konten Korea Jadi yang Terpopuler di Layanan Streaming pada 2023

Konten yang terbanyak ditonton di platform streaming berasal dari Korea Selatan.

Seseorang menonton di platform streaming film (ilustras). Konten dari Korea Selatan menjadi yang terpopuler pada 2023.
Foto: ANTARA/Nova Wahyudi
Seseorang menonton di platform streaming film (ilustras). Konten dari Korea Selatan menjadi yang terpopuler pada 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah survei yang dilakukan Jakpat tentang penggunaan platform over-the-top (OTT) streaming film dan media sosial menunjukkan konten dari Korea Selatan menjadi yang terpopuler pada paruh kedua 2023. Kepala Penelitian Jakpat Aska Primardi mengatakan akses platform hiburan mobile menjadi aktivitas yang rutin dilakukan setiap hari dan menurut dia diperlukan inovasi baru agar pengguna sebuah OTT tidak meninggalkan platform tersebut.

Survei yang melibatkan 2.356 pengguna mobile entertainment dan 2.446 pengguna media sosial itu menunjukkan 85 persen responden menggunakan OTT untuk menonton film, 77 persen untuk menonton serial, dan 27 persen untuk menonton reality atau variety show. Berdasarkan negara asal, konten terbanyak ditonton dari Korea Selatan (73 persen), disusul Indonesia (57 persen), dan negara berbasis bahasa Inggris, yaitu Amerika dan Inggris (48 persen).

Baca Juga

Selain OTT, hiburan lainnya adalah streaming musik dan siniar (podcast). Data Jakpat menunjukkan bahwa 83 persen responden streaming musik saat sedang bersantai.

Secara umum, pop merupakan genre musik yang didengarkan oleh mayoritas pendengar streaming dengan persentase 83 persen. Posisi kedua dan ketiga yakni K-pop (47 persen) dan dangdut (37 persen).

 

Berdasarkan negara asal, musik dari Indonesia masih mendominasi daftar putar (85 persen), disusul Amerika dan Inggris (71 persen), serta Korea Selatan (44 persen). Soal podcast, komedi (47 persen) dan edukasi (43 persen) menjadi topik yang paling disenangi para pendengar, terutama Gen Z dan Milenial. Sementara, Gen X cenderung lebih tertarik dengan isu politik atau berita terbaru.

Survei juga menyoroti biaya berlangganan aplikasi untuk dapat menikmati konten platform OTT. Sebanyak 39 persen responden mengaku tidak keberatan membayar biaya langganan agar terbebas dari iklan yang mengganggu.

Animo untuk berlangganan platform streaming audio demi tidak ada iklan cukup besar di kalangan Gen Z dengan persentase 47 persen. Selain itu, ada 57 persen responden yang mengaku mengakses platform streaming audio secara gratis.

Hiburan lain yang tak kalah populer adalah media sosial. Instagram menjadi media sosial paling digandrungi dengan total 78 persen responden menggunakannya, disusul YouTube (76 persen) dan Facebook (64 persen). Soal topik, sebanyak 46 persen pengguna mengaku senang mencari informasi terkait musik/film/serial di sosial media. Konten kuliner (43 persen) dan memasak (39 persen) juga disukai oleh para warganet.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement