Jumat 26 Jan 2024 15:55 WIB

Orang Usia 35 Tahun Lebih Tetap Bisa Bentuk Massa Otot, Begini Caranya

Orang berusia 35 tahun ke atas bukan berarti terlambat membentuk massa otot.

Pria melatih massa otot (ilustrasi). Meski sudah berusia 35 tahun lebih, seseorang tetap bisa membentuk massa otot.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Pria melatih massa otot (ilustrasi). Meski sudah berusia 35 tahun lebih, seseorang tetap bisa membentuk massa otot.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang yang berusia 35 tahun ke atas dinilai masih bisa menjaga massa dan kekuatan otot. Menurut Health & Nutrition Specialist of Nutrifood Research Center Lina Antono, orang yang sudah berusia 35 atau lebih bukan berarti sudah terlambat menghambat penurunan massa otot.

Dia mengatakan, upaya yang bisa dilakukan yaitu dengan menjaga asupan protein yang cukup sebagai bagian dari pola makan sehat dan rutin berolahraga. Lina mengatakan asupan protein yang cukup penting untuk menjaga massa otot karena protein merupakan komponen utama penyusun otot, sedangkan rutin beraktivitas fisik penting untuk melatih otot agar massa dan kekuatan otot dapat dijaga.

Baca Juga

Khusus untuk protein, apabila seseorang bertujuan untuk membentuk otot yang besar, maka dia membutuhkan kombinasi nutrisi yang lebih khusus dan rutinitas olahraga yang intensif. Kemudian, berbicara jenis aktivitas fisik yang direkomendasikan yakni jenis latihan resistensi atau latihan otot misalnya latihan beban, squat, sit-up, dan push-up.

Lalu terkait waktu berkegiatan, Lina mengingatkan apabila dilakukan malam hari, maka sebaiknya pastikan tidak sampai mengganggu waktu tidur karena istirahat yang cukup juga penting.

Dia menyebut, massa otot yang cukup salah satunya dapat mendukung efektivitas program diet karena otot lebih efektif dalam membakar energi di dalam tubuh. "Mereka yang memiliki massa otot yang lebih tinggi umumnya memiliki laju metabolisme yang lebih baik sehingga dapat mendukung efektivitas program diet," ujarnya pada Kamis (25/1/2024) malam.

Massa otot yang cukup juga penting agar tubuh terlihat lebih kencang dan ramping. "Tapi tetap perlu diingat untuk membatasi asupan kalori harian secara sehat dan rutin berolahraga agar diet bisa berhasil ya," kata dia.

 

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement