Jumat 26 Jan 2024 10:17 WIB

Bentuk Massa Otot Sejak Usia Remaja, Amankah?

Remaja bisa melakukan latihan otot termasuk ke pusat kebugaran.

Remaja berotot (ilustrasi). Anak usia remaja aman untuk mulai membentuk massa otot.
Foto: www.freepik.com
Remaja berotot (ilustrasi). Anak usia remaja aman untuk mulai membentuk massa otot.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama dilakukan dengan cara yang sehat dan tepat, membentuk otot pada masa remaja tidak berisiko untuk tumbuh kembangnya. Menurut Health & Nutrition Specialist of Nutrifood Research Center Lina Antono, anak usia remaja aman untuk mulai membentuk massa otot.

"Usia remaja aman mulai membentuk otot dengan cara yang sehat, yaitu dengan memenuhi asupan protein sebagai pola makan sehat dan rutin berolahraga," kata dia melalui diskusi yang digelar daring, Kamis (25/1/2024).

Baca Juga

Remaja bisa melakukan latihan otot termasuk ke pusat kebugaran. Latihan ini bermanfaat antara lain meningkatkan kebugaran, memperkuat tulang, meningkatkan massa otot, serta memperkuat otot yang penting untuk mendukung aktivitas harian dan mencegah cedera.

Lina memberikan kiat untuk mendampingi remaja yang akan memulai latihan otot. Salah satunya saat akan memulai latihan otot, ada baiknya untuk mengikuti program latihan atau berkonsultasi dengan instruktur untuk memahami gerakan yang tepat.

Selanjutnya, pada tahap awal memulai latihan, latih postur dan gerakan hingga tepat sebelum menggunakan beban tambahan. Mulailah secara perlahan dan tingkatkan secara bertahap baik dalam hal repetisi, set, beban tambahan, maupun jenis latihan yang dilakukan.

Lakukan gerakan pemanasan selama 5-10 menit sebelum memulai latihan otot, lalu lakukan pendinginan dengan gerakan peregangan atau latihan ringan setelah selesai latihan. Selain latihan otot, kombinasikan jenis olahraga lain termasuk latihan aerobik seperti berlari, renang, dan sepeda dan latihan peregangan untuk meningkatkan kelenturan tubuh karena remaja disarankan untuk rutin beraktivitas fisik minimal 60 menit setiap harinya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement