Kamis 25 Jan 2024 00:16 WIB

Kondisi Stunting Bisa Diperbaiki Asalkan ...

Stunting berbeda dengan anak pendek.

Pengukuran tinggi badan anak. Waspada jika anak tidak kunjung bertambah tinggi.
Foto:

Kebutuhan asupan nutrisi anak ketika memasuki usia 6 bulan tidak lagi bisa mencukupi hanya dari ASI. Itu sebabnya, anak membutuhkan makanan pendamping ASI (MPASI).

Jika kombinasi MPASI dan ASI tidak diberikan secara optimal dan berat badan tidak kunjung baik tapi tidak segera dikoreksi, lama-lama panjang badan tidak ikut bertambah. Dikhawatirkan, anak masuk kategori stunting.

World Health Organization (WHO) menyarankan syarat pemberian MPASI adalah pertama tepat waktu usia 6 bulan. Kedua, diberikan cukup atau adekuat secara konsistensi, varian, dan jumlah makanan.

Ketiga disiapkan dengan cara yang higienis agar mencegah infeksi. Keempat, berikan MPASI dengan cara yang benar dan lingkungan yang kondusif.

Sementara porsi MPASI yang harus disesuaikan mulai dari 6-8 bulan adalah 70 persen masih dari ASI dan 30 persen dari MPASI. Usia 9-11 50 persen dari ASI dan 50 persen dipenuhi dari MPASI. Kemudian, saat menginjak usia 1-2 tahun, ASI diberikan hanya 30 persen dan sisanya dipenuhi dari MPASI.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement