Senin 22 Jan 2024 18:34 WIB

Deretan Artis yang Punya Anak Angkat, Ada yang 'Dibuang' Orang Tua Kandungnya di Toilet

Ada beberapa artis yang kini memiliki anak angkat.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Venna Melinda. Venna menjadi salah satu artis yang memgadopsi anak.
Foto: Dok Republika
Venna Melinda. Venna menjadi salah satu artis yang memgadopsi anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Public figure Nana Mirdad menyelamatkan seorang bayi yang dibuang di semak-semak di dekat rumahnya. Nana menyerahkan penanganan anak tersebut ke Dinas Sosial setempat. Mengetahui hal itu, beberapa warganet mengusulkan agar Nana mengadopsi bayi tersebut.

Tahukah Anda bahwa prosedur adopsi bayi tidak mudah? Dalam Pasal 1 angka 9 UU 35/2014 disebutkan bahwa anak angkat adalah anak yang haknya dialihkan dari lingkungan kekuasaan keluarga orang tua, wali yang sah, atau orang lain yang bertanggung jawab atas perawatan, pendidikan, dan membesarkan anak tersebut ke dalam lingkungan keluarga orang tua angkatnya. Hal tersebut harus berdasarkan putusan atau penetapan pengadilan.

Baca Juga

Berikutnya Pasal 39 ayat (1) dan (2) UU 35/2014 menyatakan pengangkatan anak hanya dapat dilakukan untuk kepentingan yang terbaik bagi anak dan dilakukan berdasarkan adat kebiasaan setempat dan ketentuan peraturan perundang-undangan. Pengangkatan anak sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), tidak memutuskan hubungan darah antara anak yang diangkat dan orang tua kandungnya. Adopsi anak bisa menjadi ilegal jika tidak memenuhi persyaratan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Meski persyaratan mengadopsi anak tidak mudah, ada beberapa public figure yang mengadopsi atau "mengangkat" anak. Siapa saja mereka?

1. Deddy Corbuzier

Deddy Corbuzier memutuskan mengangkat anak bernama Nada Tarina Putri yang diketahui publik pada 2022. Deddy dan Nada tampaknya pertama kali bertemu di ajang Indonesia Mencari Bakat 2021. Deddy juga mengaku telah meminta izin kepada orag tua Nada untuk mengadopsi anak tersebut.

2. Kiky Saputri

Komika dan aktris Kiky Saputri mengabarkan bahwa dia sebenarnya telah memiliki anak hasil adopsi pada September 2023. Anak itu disebut telah berusia tiga tahun. Anak tersebut berjenis kelamin perempuan dan diberi nama Aisya. Kiky yang baru-baru ini mengumumkan kehamilannya juga pernah menunjukan kedekatannya dengan sang anak di media sosial.

3. Ruben Onsu

Ruben Onsu memiliki anak angkat bernama Betrand Peto. Betrand menjadi anak angkat Ruben pada usia yang sudah menginjak remaja pada 2019 lalu. Sebelumnya Betrand diketahui merupakan anak asuh Ruben yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. 

4. Venna Melinda 

Mantan pesinetron Venna Melinda mengadopsi anak perempuan bernama Vania. Anak tersebut pernah ditemukan di sebuah toilet masjid pada 2016 dengan berat hanya sekitar 1,7 kilogram. Venna, ibu dari dua artis Verrell Bramasta dan Athalla Naufal itu mengaku memang sudah berkeinginan mengadopsi anak perempuan sejak lama.

5. Denny Cagur

Pelawak Denny Cagur dan istrinya, Shanty Widhiastuty, memiliki seorang putra bernama Fabian Muhammad Yahva yang lahir pada tanggal 20 Februari 2009. Pada 8 Juni 2016, Denny dan isterinya memutuskan untuk mengadopsi seorang bayi laki-laki yang diberi nama Fadlikal Muhammad Arsha. Mereka kembali mengadopsi seorang bayi yang sekaligus menjadi putri pertama pasangan ini bernama Fazeela Meshwa Athari pada 12 November 2021. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement