Senin 22 Jan 2024 12:18 WIB

Nana Mirdad 2 Kali Lihat Bayi Dibuang, yang Pertama Sudah 'Rata' dengan Tanah

Nana Mirdad menyelamatkan bayi yang dibuang di semak dekat rumahnya.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Bayi dibuang (ilustrasi). Nana Mirdad sudah2 kali melihat tragedi bayi dibuang oleh orang tuanya.
Foto: Foto : MgRol_92
Bayi dibuang (ilustrasi). Nana Mirdad sudah2 kali melihat tragedi bayi dibuang oleh orang tuanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Nana Mirdad menyelamatkan bayi yang telantar di semak-semak dekat rumahnya pada Sabtu (20/1/2024). Ternyata, ini bukan kali pertama Nana menyaksikan tragedi bayi yang dibuang oleh orang tua kandung mereka sendiri.

Nana membagikan kisah memilukan tersebut melalui akun Instagram pribadinya. Pada Sabtu siang, Nana mengungkapkan bahwa asisten rumah tangganya yang bernama Tika menemukan seorang bayi terlantar di semak-semak dekat rumah Nana.

Baca Juga

Saat ditemukan, bayi tersebut sudah minim pergerakan dan tampak membiru. Tanpa pikir panjang, Nana segera membawa bayi malang tersebut ke rumah sakit terdekat.

"Saya ngga bisa mengekspresikan ketakutan saya, kecemasan saya, kebingungan dan kemarahan saya saat saya menggendong bayi yang baru dibuang itu ke rumah sakit. 'Bertahan.... Please bertahan...' Saya pun ngga tau apa yang akan terjadi pada mental saja jika bayi itu harus hilang dalam pelukan saya," ungkap Nana melalui unggahan terbarunya di Instagram, seperti dikutip pada Senin (22/1/2024).

 

Nana mengungkapkan bayi tersebut sempat mengalami hipotermia. Kabar baiknya, bayi yang diberi nama Bella oleh Tika tersebut berhasil selamat dan kini masih menjalani perawatan.

Tragisnya, ini bukan kali pertama Nana menyaksikan bayi yang dibuang oleh orang tua mereka. Sebelum kejadian pada Sabtu lalu, Nana juga pernah menyaksikan bayi lain yang ditelantarkan begitu saja.

"Sudah kedua kalinya saya menyaksikan bayi yang dibuang begitu saja oleh orang tuanya. Sayangnya yang pertama sudah nyaris tak berbentuk dan sudah rata dengan tanah," ujar Nana.

Nana mengatakan, dia dan keluarganya bukan orang-orang yang suka mencari ketenaran dari tragedi yang menyedihkan seperti ini. Akan tetapi, Nana merasa dia perlu mengangkat isu ini ke muka publik demi menumbuhkan kesadaran masyarakat.

"Jika memang kalian nggak menginginkan bayi yang ada di kandungan kalian, masih ada jalan lain. Cari bantuan, jangan pernah diam saja dan memilih jalan pintas untuk membuang anak yang kalian lahirkan dari rahim kalian untuk mati di pinggir jalan," ujar Nana.

Nana menilai ada banyak faktor yang mungkin tak menginginkan anak di dalam kandungan mereka. Nana pun tak ingin menghakimi keinginan para wanita tersebut. Namun apa pun alasannya, membuang bayi dan membiarkan bayi tersebut mati perlahan di jalanan adalah hal yang tidak bisa dibenarkan.

"Mari kita mulai membantu memperluas kesadaran mengenai hal ini karena masih banyak Bella-Bella lain diluar sana yang membutuhkan," ujar Nana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement