Rabu 17 Jan 2024 16:20 WIB

Cetak Enam Prestasi Bergengsi, Jimin 'BTS' Tunjukkan Taring di Industri Musik Dunia

Jimin BTS debut sebagai penyanyi solo dengan album Face.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Jimin BTS. Jimin mengatakan lagu barunya Closer Than This yang dirilis 22 Desember 2024 merupakan lagu untuk fans.
Foto: Dok. BigHit/Instagram @j.m
Jimin BTS. Jimin mengatakan lagu barunya Closer Than This yang dirilis 22 Desember 2024 merupakan lagu untuk fans.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jimin 'BTS' kembali menunjukkan pengaruhnya sebagai penyanyi solo di pasar musik dunia. Betapa tidak, Jimin merupakan satu-satunya penyanyi solo di Asia yang berhasil mencetak enam prestasi bergengsi sekaligus.

Setelah debut sebagai penyanyi solo dengan album Face, Jimin tampaknya tak pernah berhenti untuk membanggakan para penggemar BTS atau ARMY. Per 11 Januari misalnya, lagu "Like Crazy" dalam album Face dianugerahi sertifikasi Platinum oleh Music Canada yang sebelumnya bernama Canadian Recording Industry Association (CRIA).

Baca Juga

Sertifikasi Platinum tersebut diberikan setelah lagu "Like Crazy" berhasil meraih penjualan lebih dari 80 ribu unit penjualan di Kanada. Sebelum Jimin, hanya ada satu penyanyi solo Korea Selatan yang berhasil meraih pencapaian ini, yaitu Psy dengan lagunya "Gangnam Style".

"(Like Crazy) menjadi lagu solo Korea pertama yang meraih pencapaian ini dalam kurun satu dekade," ungkap fanbase Jimin di media sosial X, Jimin Data, seperti dilansir Allkpop pada Rabu (17/1/24).

Tak hanya itu, Jimin merupakan satu-satunya penyanyi asal Korea Selatan yang berhasil bertengger di posisi 1 Billboard Hot 100 dengan sebuah lagu solo. Jimin juga merupakan satu-satunya penyanyi solo dari Korea Selatan yang berhasil menduduki peringkat 1 pada Billboard Artist 100 dan Billboard Japan Artist 100.

Ragam prestasi ini membuat Jimin menjadi satu-satunya penyanyi solo di Asia yang mampu mengantongi enam pencapaian bergengsi sekaligus. Berikut ini adalah keenam pencapaian tersebut:

1. Peringkat 1 Billboard Hot 100

2. Peringkat 1 Billboard Artist 100

3. Peringkat 1 Billboard Japan Artist

4. Sertifikasi Platinum dari Recording Industry Association of Japan (RIAJ)

5. Sertifikasi Platinum dari Recording Industry Association of America (RIAA)

6. Sertifikasi Platinum dari Music Canada

Yang tak kalah membanggakan, "Like Crazy" merupakan lagu solo penyanyi Korea Selatan pertama yang berhasil meraih sertifikasi RIAA di 2023. Lagu "Like Crazy" juga menjadi lagu penyanyi solo Korea Selatan tercepat yang mencapai kelayakan untuk sertifikasi RIAA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement