Rabu 17 Jan 2024 14:40 WIB

Penyakit X Berpotensi Picu Pandemi Berikutnya, Vaksinnya Sudah Ada?

Nama penyakit X pertama kali diciptakan oleh WHO pada 2018.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin (ilustrasi). Ilmuwan tengah mengembangkan vaksin untuk penyakit X.
Foto:

Berbicara kepada Mail Online, Bingham meminta masyarakat untuk membayangkan penyakit X sama menularnya dengan campak dan dengan tingkat kematian akibat Ebola (67 persen). Menurut dia, di suatu tempat di dunia, penyakit ini mereplikasi dan cepat atau lambat seseorang akan mulai merasa sakit.

"Kita perlu mengambil langkah pertama dalam menghadapi pandemi berikutnya sekarang, dan itu membutuhkan penyediaan dana," ujar dia.

Lebih dari 1 miliar poundsterling atau sekitar Rp 19,7 triliun telah dijanjikan oleh para pemerintah untuk memerangi penyakit misterius ini.  Tahun lalu, lebih dari 200 ilmuwan mulai bekerja untuk membuat vaksin di Porton Down Centre, Inggris.

Selain mulai mengerjakan vaksin, para ilmuwan juga telah menyusun daftar virus yang ada pada hewan yang dapat berpindah ke populasi manusia dan menyebar.

"Apa yang kami coba lakukan di sini adalah memastikan bahwa kami bersiap, sehingga jika kami menghadapi penyakit X baru, patogen baru, kami telah melakukan upaya tersebut semaksimal mungkin," kata Profesor Dame Jenny Harries, Kepala UKHSA, kepada Sky News pada 2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement