Rabu 17 Jan 2024 12:30 WIB

Ibu Rumah Tangga Titipkan Anak di Daycare, Apa Manfaatnya?

Menitipkan anak di daycare bisa memberikan dampak positif bagi anak.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Menitipkan anak di daycare bisa memberikan dampak positif bagi anak.
Foto: Republika/Prayogi
Menitipkan anak di daycare bisa memberikan dampak positif bagi anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belum lama ini, viral video ibu rumah tangga (IRT) yang mengaku menitipkan anaknya di tempat penitipan anak atau daycare. Video tersebut memicu perbincangan hangat dan kontroversi di kalangan warganet.

Dalam video tersebut, sang ibu rumah tangga menjelaskan sejumlah pertimbangan yang membuatnya memutuskan untuk menitipkan anak balitanya di daycare meski tidak bekerja. Menurut sang ibu rumah tangga, daycare dapat menjadi salah satu solusi bagi anaknya membutuhkan stimulasi lebih kompleks, termasuk dalam hal meningkatkan keterampilan sosial.

Baca Juga

Di sisi lain, sang ibu rumah tangga juga mengungkapkan dirinya sempat mengalami kelelahan karena kerap mengorbankan jam tidur untuk bisa menjalankan perannya di rumah sekaligus berkarya. Bahkan, dia sampai harus dirawat di rumah sakit.

Sebagian warganet mengungkapkan ketidaksetujuan mereka atas keputusan sang ibu melalui media sosial X. Menurut para warganet tersebut, anak lebih baik diasuh sepenuhnya oleh orang tua, terlebih bila sang ibu merupakan ibu rumah tangga.

 

"Aku memang lebih suka lihat anak sama ibunya sih. Meskipun kalau di daycare mungkin anak bisa lebih mandiri. Tapi anak juga butuh kedekatan dan kehangatan dari orang (tua atau) ibunya," ungkap seorang warganet, seperti dikutip dari X pada Selasa (16/1/2024).

Namun, tak sedikit pula warganet yang memberikan pembelaan. Menurut para warganet ini, tiap orang tua pasti memiliki pertimbangan tersendiri dan menginginkan yang terbaik untuk anak mereka. Mereka menyatakan bahwa menitipkan anak ke daycare bukan berarti menelantarkan anak.

Orang tua tetap bisa terlibat dalam proses tumbuh kembang anak meski mereka menitipkan anak ke daycare. Terlebih, durasi penitipan anak di daycare relatif tidak lama. Beberapa penitipan anak bahkan ada yang hanya berdurasi dua jam saja.

"Kalo tujuannya biar bisa kerja atau mungkin sekedar biar punya waktu sendiri, sebagai ibu menurut aku wajar-wajar aja, toh ibu juga manusia. Apa salahnya sih berusaha untuk tetap waras? Ngurus anak + kerjaan rumah seharian itu capek loh, yang penting mah jangan lepas tanggung jawab," tutur warganet lainnya di X.

Menitipkan anak dapat memberikan dampak....

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement