Senin 08 Jan 2024 12:45 WIB

Perasan Air Lemon Ampuh Turunkan Berat Badan? Ini Bukti Ilmiahnya

Salah satu manfaat minum air lemon adalah mengendalikan bobot tubuh.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Minum air lemon (ilustrasi). Rutin minum air lemon secara meluas diyakini dapat membantu upaya menurunkan berat badan.
Foto: Republika.co.id
Minum air lemon (ilustrasi). Rutin minum air lemon secara meluas diyakini dapat membantu upaya menurunkan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rutin minum air lemon secara meluas diyakini dapat membantu upaya menurunkan berat badan. Hal itu juga didukung pernyataan dari Cleveland Clinic yang menyebut salah satu manfaat kesehatan minum air lemon adalah membantu mengendalikan bobot tubuh.

Ahli diet terdaftar Catherine Gervacio mengatakan air lemon memang memiliki khasiat mengurangi lingkar pinggang dan membantu  memiliki tubuh langsing. Dia menjelaskan, lemon adalah sumber nutrisi penting seperti vitamin C dan antioksidan.

Baca Juga

Menurut sebuah studi tahun 2021 di Frontiers in Nutrition, kedua nutrisi itu mendukung pencapaian berat badan yang sehat. Selain itu, lemon mengandung sejenis serat yang disebut pektin, yang dapat mengurangi nafsu makan dan asupan kalori secara signifikan.

"Memiliki perilaku yang konsisten dengan membiasakan minum air lemon dengan pola makan seimbang dan gaya hidup sehat adalah kunci penurunan berat badan yang efektif," kata Gervacio yang juga menekankan pentingnya makan sehat secara teratur, menghidrasi tubuh, dan berolahraga.

 

Pakar gizi yang juga merupakan pelatih nutrisi olahraga bersertifikat di EHProject itu mengungkapkan lima penjelasan mengapa air lemon baik untuk upaya penurunan berat badan. Berikut penjelasannya, dikutip dari laman Eat This Not That, Ahad (7/1/2024):

1. Menyeimbangkan kadar gula darah

Kombinasi senyawa alami lemon, termasuk serat larut, dapat menstabilkan kadar gula darah. Penelitian menunjukkan bahwa lemon adalah makanan dengan indeks glikemik rendah sehingga minum air lemon dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

2. Menyehatkan pencernaan

Studi tahun 2022 yang diterbitkan dalam Food Technology & Biotechnology menyebutkan air lemon meningkatkan produksi cairan dan enzim pencernaan. Efek ini menyebabkan proses pencernaan lebih lancar dan penyerapan nutrisi oleh tubuh menjadi lebih baik.

3. Menambah tingkat energi

Ulasan tahun 2019 menyebut kombinasi hidrasi yang tepat dan sifat alami lemon dapat menambah tingkat energi sepanjang hari. Tingkat energi yang terjaga memungkinkan seseorang melakukan lebih banyak aktivitas fisik dan membakar lebih banyak kalori.

4. Memperlancar metabolisme

Penelitian menunjukkan, kombinasi hidrasi dan senyawa alami dalam lemon, seperti polifenol, dapat berkontribusi pada peningkatan laju metabolisme. Metabolisme yang lancar dan efisien sangat penting untuk membakar kalori dan mendukung upaya penurunan berat badan.

5. Mendukung proses detoksifikasi

Lemon dikenal karena sifat detoksifikasinya. Karena itu, minum air lemon dapat mendukung proses detoksifikasi alami tubuh.  Penelitian menunjukkan bahwa asam sitrat dalam lemon dapat merangsang hati untuk membantu menghilangkan racun.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement