Sabtu 06 Jan 2024 10:41 WIB

Mental Baja Anak Bukan Genetik, Ini 3 Cara Melatihnya Kata Psikolog

Kesehatan mental yang kuat juga akan membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang tangguh

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Anak bermain (ilustrasi).
Foto: Edi Yusuf/Republika
Anak bermain (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kesehatan mental buah hati sama pentingnya dengan kesehatan fisik untuk tumbuh kembang anak yang optimal. Apalagi kesehatan mental anak juga berpengaruh terjadap kemampuan anak untuk bersosialisai dan bersikap di lingkungannya. 

Kesehatan mental yang kuat juga akan membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang tangguh di masa depan, antioverthinking, stress, dan depresi. Isyah Rodhiyah, Psikolog, Associate Psikolog Klinik Anakku Pondok Pinang mengatakan mental kuat anak ini bukan genetik atau turunan, melainkan perlu dilatih.

Baca Juga

Dia berbagi tips jika ingin menanamkan mental baja pada anak atau resiliensi, sebagai berikut.

1. Menumbuhkan perasaan kompeten

Dorong anak bisa melakukan sesuatu hal. Bayangkan anak punya optomisme dan perasaan  bisa melakukan sesuatu. Ketika menemukan kesulitan, tapi anak bisa menaklukannya

"Ketika gagal, dia punya persfektif menghadapi kegagalan," kata Isyah yang juga alumni Universitas Indonesia dalam pertemuan daring, Jumat (5/1/2024).

Caranya bisa dengan melatih pola pikir "aku bisa" terhadap anak. Sering kali anak langsung mengaku tidak bisa ketika harus mengerjakan sesuatu. Jadi orang tua perlu mendorong agar anak bisa melakukannya.

Otak memengaruhi perilkuz Maka jika menanamkan bahwa anak bisa, otak akan mengirim sinyal kepada tubuhnya bahwa ia bisa.

Bisa juga lewat membaca buku, sebab setelah itu akan mengendap di pikiran dan akan memengaruhi perilaku. Lakukan diskusi, baca buku bersama yang mengandung optimisme.

Jadi mental baja bukan....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement