Senin 16 Oct 2023 06:22 WIB

Ingin Anak Bermental Kuat? Begini Caranya

Orang tua membantu anak mengidentifikasi masalah yang mereka alami.

Rep: Desy Susilawati / Red: Friska Yolandha
Ada sejumlah tips agar anak memiliki mental yang kuat.
Foto: Republika/Prayogi
Ada sejumlah tips agar anak memiliki mental yang kuat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mendidik anak memang bukan perkara mudah. Kesalahan dalam mendidik anak bisa jadi pemicu berbagai kasus pada anak mulai dari kekerasan, perundungan bahkan hingga nekat bunuh diri. Lalu, bagaimana cara yang tepat mendidik anak agar memiliki mental yang kuat?

Praktisi psikolog keluarga, Nuzulia Rahma Tristinarum mengatakan mendidik anak anak agar bermental kuat. Pertama, tanamkan nilai spiritual. Bukan hanya ritual agama, tetapi barengi juga dengan pemaknaan dari apa yang mereka kerjakan

Baca Juga

Kedua, penuhi hati mereka dengan kasih sayang dan cinta. "Jangan menukar cinta dan kasih sayang dengan materi dan fasilitas, tetapi ciptakanlah hubungan yang hangat dalam keluarga," katanya saat dihubungi, akhir pekan kemarin.

Kemudian, orang tua perlu hadir lebih sering untuk anak. Orang tua perlu mendengarkan cerita mereka dengan penuh perhatian. 

 

"Hindari terlalu banyak mengomel dan mengomentari hidup anak," katanya.Kemudian, hargai anak, kemampuan mereka, dan usaha mereka. Hargai sekecil apapun yang mereka lakukan," ucapnya.

Sementara itu, melansir laman CNBC, Sabtu (14/10/2023), ada lima hal yang dilakukan orang tua cerdas untuk membesarkan anak yang sukses dan kuat secara mental. Pertama, biarkan mereka membenarkan perasaannya.

Tanggapan anak sering kali tidak....

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement