Sabtu 14 Oct 2023 15:38 WIB

Perilaku Hidup Bersih Sejak Kecil Pengaruhi Mental Saat Dewasa

Merawat kebersihan diri bagian dari merawat mental.

Sabun mandi (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Sabun mandi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Psikolog anak dan keluarga lulusan Universitas Indonesia Irma Gustiana Andriani mengatakan perilaku hidup bersih yang ditanamkan sejak seseorang masih kecil bisa mempengaruhi kebiasaan merawat mental ketika ia beranjak dewasa.

"Kebersihan nggak cuma kebersihan diri tapi macam-macam, ternyata berhubungan dengan kebersihan secara mental karena merawat diri itu bagian dari merawat mental," ucap Irma dalam satu acara di Jakarta, Sabtu (14/10/2023).

Baca Juga

Psikolog di klinik Ruang Tumbuh ini mengatakan kebiasaan yang berkaitan dengan kebersihan sejak kecil dapat memanifestasikan pada kegiatan lain saat dewasa, seperti menjauh dari teman yang 'toxic' dan cenderung terbiasa merawat diri.

Irma mengatakan sebagian besar orang yang mengalami gangguan kesehatan mental seringkali tidak memikirkan merawat kebersihan dan kesehatan dirinya, seperti tidak mandi berhari-hari.

 

"Kalau dari kecil kita tahu tentang kebersihan diri, paling tidak kalau dia stres dia tetap ngerawat diri, paling tidak kalau dia terkena mental health dia tetap cuci tangan karena ini adalah gaya hidup," katanya.

Psikolog yang disapa Ayang ini juga menambahkan seseorang yang sudah tertanam perilaku hidup bersih dan sehat juga akan secara otomatis mengonsumsi makanan sehat dan bersih. Sehingga asupan nutrisi dalam tubuh terjaga dan sehat.

Jika perilaku bersih sudah sampai pada tahap stres jika tidak melakukannya, harus diwaspadai karena bisa masuk ke ranah obsesif dan membuatnya menjadi cemas dan akhirnya berujung pada Obsesive Complusive Disorder atau OCD.

"Kalau punya kecemasan tinggi mau ngapa-ngapain jadi ga bisa. Jadi dia harus sadar diri bahwa ini udah nggak sehat, saya mau bersih tapi kalau sampai menyakiti diri itu sudah nggak sehat," kata Irma.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement