Sabtu 06 Jan 2024 00:25 WIB

Daftar Diet Terbaik 2024 Versi US News & World Report, Mediterania Juara Umum

Diet Mediterania unggul di tujuh dari 11 kategori pola makan terbaik.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang wanita makan berlebihan (ilustrasi). Selain menjadi diet terbaik secara keseluruhan, diet Mediterania juga menduduki peringkat teratas di kategori pola makan diabetes terbaik.
Foto: www.freepik.com
Seorang wanita makan berlebihan (ilustrasi). Selain menjadi diet terbaik secara keseluruhan, diet Mediterania juga menduduki peringkat teratas di kategori pola makan diabetes terbaik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di antara sekian banyak pola makan yang populer di masyarakat, mana yang akan menjadi primadona pada 2024? US News & World Report punya jawabannya.

Dalam daftar urutan pola makan terbaik di 2024, US News & World Report mencantumkan diet Mediterania di posisi pertama. Diet Mediterania menjadi pola makan terbaik secara keseluruhan selama tujuh tahun berturut-turut.

Baca Juga

Pola makan Mediterania berkaitan dengan konsumsi makanan nabati, biji-bijian, daging tanpa lemak, dan minyak zaitun extra-virgin dalam porsi yang sehat. Pola makan tersebut menempati posisi teratas dalam tujuh dari 11 kategori diet, dikutip dari NY Post, Jumat (51/1/2024).

Selain menjadi diet terbaik secara keseluruhan, diet Mediterania juga menduduki peringkat teratas di kategori pola makan diabetes terbaik. Diet Mediterania juga teratas dalam kategori diet jantung sehat, diet termudah untuk diikuti, diet terbaik untuk kesehatan tulang dan sendi, diet ramah keluarga terbaik, dan diet terbaik untuk makan sehat.

Pola makan Mediterania berasal dari pola makan tradisional di 21 negara yang berbatasan dengan Laut Mediterania. Diet ini kaya akan sayuran segar, buah-buahan, ikan, kacang-kacangan, serta minyak zaitun.

Meskipun tidak berfokus pada nutrisi atau kelompok makanan tertentu, diet Mediterania justru menekankan pentingnya kualitas dan mengisi piring dengan berbagai macam makanan. Itu seperti buah-buahan, sayuran, makanan laut, minyak zaitun, dan biji-bijian.

Untuk pemeringkatan Diet Terbaik tahunannya, US News & World Report bekerja sama dengan Harris Poll dalam menentukan panduan dari 43 panelis ahli. Ini termasuk dokter, ahli gizi terdaftar, ahli epidemiologi nutrisi, dan peneliti akademis penurunan berat badan dalam menyusun peringkat tersebut.

Para ahli memeriksa 30 pola makan, termasuk enam pola makan tambahan sejak pemeringkatan tahun lalu. Pola makan yang baru dievaluasi meliputi pola makan vegan, pola makan Dukan, Nutrisi Herbalife, program HMR, Rencana Diet Profil, dan Plantstrong.

Diet DASH, yang merupakan singkatan dari pendekatan diet untuk menghentikan hipertensi, menduduki peringkat kedua sebagai diet terbaik secara keseluruhan. Diet ini berfokus pada mengonsumsi makanan tinggi nutrisi penurun tekanan darah seperti potasium, kalsium, magnesium, dan serat.

Di posisi ketiga secara keseluruhan adalah diet MIND, yang merupakan singkatan dari Mediterranean-DASH Intervention for Neurodegenerative Delay. Kedua pola makan itu menekankan fokus pada makanan yang meningkatkan kesehatan otak, sehingga berpotensi menurunkan risiko masalah mental.

Berikur daftar 10 diet terbaik secara keseluruhan untuk tahun 2024, menurut laporan tersebut.

1. Diet Mediterania

2. Diet DASH

3. Diet MIND

4. Diet Mayo Clinic

5. Diet Flexitarian

6. Diet WeightWatchers (WW)

7. Diet Volumetrics

8. Diet Anti-Peradangan Dr. Weil

9. Diet TLC

10. Diet Vegan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement