Jumat 05 Jan 2024 13:26 WIB

Tes Kesehatan yang tidak Boleh Diabaikan Wanita Usia 30 Tahun ke Atas

Pemeriksaan kesehatan jadi langkah preventif yang perlu dilakukan wanita usia 30-an.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan usia 30-an (ilustrasi). Ada beberapa skrining kesehatan yang perlu dijalani perempuan ketika sudah berusia 30 tahun.
Foto:

Selain itu, masalah kejiwaan seperti skizofrenia, gangguan bipolar, dan depresi berat juga harus diperiksa. Penyakit kronis seperti hipertensi, diabetes, asma bronkial, epilepsi juga berpengaruh pada hidup.

Jika mengetahui semua penyakit ini secara dini, maka penyakit tersebut dapat diobati. Deteksi dini juga dapat mengatasi masalah kesehatan dan keluarga bisa berencana lebih baik.

Tes penting lainnya adalah tes kesuburan. Tes semacam ini juga bisa dilakukan oleh anak perempuan dengan siklus menstruasi tidak teratur, dan anak laki-laki dengan masalah ereksi dan tidak adanya testis di skrotum.

"Selain itu, kelainan genetik tertentu dapat diwariskan kepada keturunannya jika suami dan istri mengidapnya. Jika kita mengetahui hal ini lebih dini, kita bisa menghindari pernikahan seperti itu dan mencegah kelainan bawaan," kata dr Gupta.

Selain itu, pemeriksaan mata juga direkomendasikan. Dokter Gupta menyebut pemeriksaan kulit pun berkontribusi pada pemantauan kesehatan secara keseluruhan.

"Pemeriksaan kesehatan mental tidak boleh diabaikan karena kondisi seperti kecemasan dan depresi dapat terjadi pada tahap kehidupan ini," kata konsultan dokter kandungan dan ginekolog di Motherhood Hospital Kharghar, dr Surabhi Siddhartha.

 

Pada akhirnya, riwayat kesehatan individu, latar belakang kesehatan keluarga, dan faktor gaya hidup dapat memandu perempuan dalam mendiskusikan rencana pemeriksaan yang tepat dengan penyedia layanan kesehatan mereka. Dokter Siddharta menyebut komunikasi teratur dengan profesional kesehatan sangat penting untuk perawatan yang komprehensif dan personal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement