Ahad 31 Dec 2023 13:40 WIB

Dispatch Ungkap Kronologi Lee Sun Kyun Jadi Korban Investigasi Polisi Ceroboh

Dispatch mengklaim bahwa penanganan polisi terhadap kasus ini telah salah sejak awal.

Rep: Rahma Sulistya  / Red: Friska Yolandha
 Police examine a car at a park in Seoul, South Korea, 27 December 2023, as actor Lee Sun-kyun of the Oscar-winning
Foto:

Polisi menangkap Kim pada 18 Oktober, yang sudah pernah dihukum terkait narkoba sebanyak enam kali. Dia juga dicurigai memeras 300 juta won KR (sekitar Rp 3,5 miliar) dari Lee Sun Kyun melalui ancaman.

Dengan enam orang sebelumnya, Kim pasti dipenjara dan harus menjual nama seseorang untuk mendapatkan keringanan hukuman dari polisi. Jadi, dia memberikan nama Lee Sun Kyun sebagai ‘kontribusinya’ terhadap kasus ini.

Lee Sun Kyun dijadikan domba kurban untuk memenuhi tujuan Kim dan untuk membantu Polisi Incheon menunjukkan ‘kinerja’ mereka kepada atasan. Mereka mempercayai perkataan Kim tanpa memeriksa kredibilitas pernyataannya.

Dispatch menunjukkan bahwa polisi juga mencurigai G-Dragon melakukan penyalahgunaan narkoba berdasarkan pernyataan Kim saja. Idola tersebut dengan keras membantah tuduhan tersebut dan akhirnya dibebaskan.

24 November 2023

Pada 24 November, tes folikel rambut kedua Lee Sun Gyun menunjukkan hasil negatif untuk jejak penggunaan narkoba. Sementara polisi menghadapi kritik karena menempatkan Lee dan G-Dragon melalui tes narkoba yang tidak perlu.

KBS News menerbitkan transkrip panggilan telepon eksklusif antara Lee Sun Kyun dan Kim. Hal itu akhirnya mengalihkan perhatian masyarakat dari hasil tes narkoba yang negatif.

26 Desember 2023

Pada 26 Desember, JTBC memberitakan tentang kasus Lee Sun Kyun, mengutip pernyataan dari polisi. Dinyatakan bahwa Lee menggunakan sedotan untuk menghirup obat melalui hidungnya, namun dia membantah klaim tersebut, dengan mengatakan dia mengira itu adalah obat tidur.

Dispatch dapat mengkonfirmasi pernyataan Lee Sun Kyun dari laporan interogasi polisi. “Saya bertanya kepada Kim, ‘Mengapa harus dilakukan melalui hidung? Apakah ini sesuatu yang aneh?’ Dan dia mengatakan kepada saya, ‘Ini bekerja lebih cepat jika Anda menghirupnya melalui hidung. Oppa, kalau penasaran, kamu bisa mencobanya juga.’ Karena Kim bilang itu adalah obat tidur yang diresepkan oleh dokter temannya, aku tidak terlalu memikirkannya,” pernyataan Lee Sun Kyun via Dispatch.

Polisi menanyai Lee Sun Kyun tentang hal ini hanya berdasarkan pernyataan Kim. Pada 26 Desember, ia dilaporkan diinterogasi selama 19 jam berturut-turut, di mana aktor tersebut meminta tes pendeteksi kebohongan untuk membuktikan bahwa ia mengatakan yang sebenarnya. Namun, informasi tersebut sekali lagi bocor ke media hampir bersamaan dengan permintaan Lee untuk tes poligraf.

Lee kemudian meninggal keesokan harinya, pada 27 Desember. Laporan Dispatch menyimpulkan bahwa Kim perlu ‘membangun prestasi’ dengan polisi dan karenanya menggunakan aktor tersebut sebagai kambing hitam. Polisi yang mengetahui niatnya, masih menggunakan pernyataannya sebagai satu-satunya alasan penyelidikan.

 

Dispatch menyebut Polisi Incheon berkolusi dengan pers, untuk mengarahkan perhatian negara pada kasus narkoba tingkat tinggi yang sedang berlangsung. Ketika mereka gagal mendapatkan bukti obyektif karena tes narkoba yang berulang kali menunjukkan hasil negatif, mereka membocorkan rincian tentang kehidupan pribadi aktor tersebut ke media sebagai metode pengendalian kerusakan. Laporan Dispatch bertanya, ‘Bisakah polisi mengklaim tidak bersalah atas kematiannya?’

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement